1. HOME
  2. FOODILICIOUS
BUAH-BUAHAN

Jangan Buang 'Sampah' Dapur Ini (II)

Jika dicuci dengan bersih, mentimun tak perlu dikupas saat akan dikonsumsi. Kenapa?

By Ita Malau 7 Oktober 2015 10:05
Bawang (Pixabay)

Money.id - Sebelum memakan buah, biasanya Anda mengupasnya lalu hanya memakan dagingnya saja. Tapi tahukah Anda, ada loh beberapa 'sampah' buah dan sayuran yang punya khasiat untuk tubuh kita.

Contoh kecilnya, kulit mentimun. Jika dicuci dengan bersih, mentimun tak perlu dikupas saat akan dikonsumsi. Sebab,  kulit mentimun kaya vitamin K loh.

Nah, laman Boldsky telah merangkum beberapa 'sampah' dapur yang masih bisa dimanfaatkan, yakni:

Jangan Buang 'Sampah' Dapur Ini (I)
           
4. Kulit bawang
Ini mungkin bagian yang paling sulit Anda temukan manfaatnya. Tenang, Anda tidak perlu mengonsumsinya secara langsung kok, seperti bahan makanan di atas.

Anda bisa memasukkan kulit bawang yang sudah bersih ini ke kaldu, sup, atau minuman. Kulit bawang pun masih mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh loh.

5. Rambut jagung
cobalah rendam rambut jagung yang keemasan itu di dalam secangkir air panas. 'Teh' rambut jagung yang kaya vitamin K dan potasium itupun siap disajikan.

6. Daun kembang kol
Sebagian besar Anda pasti hanya mengonsumsi kembang kolnya saja dan membuang bonggol dan daunnya. Berikut fakta yang mungkin bisa mengubah pandangan Anda.

Daun-daun dari kembang kol itu kaya akan antioksidan dan anti-iflamasi. Rasa daun kembang kol pun selezat sayuran yang lain loh. Anda bisa mengonsumsinya mentah, ditumis, atau direbus.

So, apakah Anda masih akan membuang bahan-bahan makan bernutrisi itu?

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section