1. HOME
  2. FOODILICIOUS
BUAH-BUAHAN

Jangan Buang 'Sampah' Dapur Ini (I)

Anda kerap membuang kulit mentimun? Jangan lagi ya...

By Ita Malau 7 Oktober 2015 07:04
Nenas (Pixabay)

Money.id - Sebelum memakan buah, biasanya Anda mengupasnya lalu hanya memakan dagingnya saja. Tapi tahukah Anda, ada loh beberapa 'sampah' buah dan sayuran yang punya khasiat untuk tubuh kita.

Contoh kecilnya, kulit mentimun. Jika dicuci dengan bersih, mentimun tak perlu dikupas saat akan dikonsumsi. Sebab,  kulit mentimun kaya vitamin K loh.

Nah, laman Boldsky telah merangkum beberapa 'sampah' dapur yang masih bisa dimanfaatkan, yakni:

1. Batang di tengah buah nanas
Bagian paling tengah buah nanas ini kerap dibuang karena keras dan dinilai tak bernutrisi. Sebagian Anda mungkin hanya fokus untuk menikmati daging nanas yang memang rasanya segar.

Eits, jangan salah loh. Batang di bagian tengah buah nanas itu kaya akan bromelain, enzim campuran anti-imflamasi yang sangat baik bagi kesehatan usus Anda. Jadi, pikir dua kali deh sebelum membuang inti nanas tersebut.

2. Tangkai kale
Sayuran ini memang kaya serat. Tapi sayangnya, sebagian orang membungkai tangkai kale dan hanya mengambil daunnya saja untuk diolah menjadi hidangan.

Padahal, tangkai kale ini sangat kaya dengan serat yang sulit larut. Ketika masuk di sistem pencernaan, tangkai-tangkai sayuran ini berfungsi seperti sponge yang membersihkan dinding usus.

3. Kulit mentimun
Nah, ini yang sudah dibahas sedikit di artikel pembuka tadi. Ya, kulit mentimun pun kaya nutrisi sehingga sayang jika dibuang. Tahukah Anda, nutrisi di bagian kulit lebih banyak loh ketimbang di daging mentimun itu sendiri.

Kulit mentimun mengandung vitamin K yang membantu kesehatan tulang dan memperlancar aliran darah di tubuh Anda.

Bersambung...

(im/im)

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section