1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KESEHATAN

Apa sih Manfaat Jus Wheatgrass?

Wheatgrass banyak dijual toko-toko online.

By Ita Malau 1 Oktober 2015 14:15
Wheatgrass (Pixabay)

Money.id - Di wall jejaring sosial Anda mungkin sedang ramai membahas wheatgrass atau berbagai online shop menawarkan rumput hijau ini. Tapi Anda masih tak yakin juga, apa manfaat wheatgrass ini?

Meski bukan hal baru, meminum ekstrak wheatgrass kembali menjadi tren, belakangan ini. Tapi, tahukah Anda, jejak konsumsi wheatgrass sudah terlacak sejak 5.000 tahun lalu, di Mesir.

Dunia barat baru mengenal dan mengonsumsi wheatgrass ini di tahun 1930-an setelah hasil penelitian yang dirilis pakar pertanian asal Amerika, Charles Schnabel. Hingga kini, Schnabel dikenal sebagai bapak wheatgrass.

Wheatgrass yang juga disebut sebagai superfood itu kaya nutrisi yang diperlukan tubuh. Antara lain: klorofil, vitamin K, C, B dan E, kalsium, potasium, magnesium, dan lain sebagainya.

Dikutip dari laman Boldsky, segelas jus wheatgrass sehari akan meningkatkan produksi hemoglobin, memperbaiki keseimbangan pH, membersihkan tubuh dari zat merugikan, dan lain sebagainya. Laman ini pun merangkum berbagai manfaat kesehatan dari jus wheatgrass ini:

1. Pencernaan
Kandungan magnesium dalam wheatgrass membantu memuluskan proses pencernaan makanan dan mencegah kostipasi. Segelas jus wheatgrass juga mencegah diare.

2. Turunkan berat badan
Jus hijau inipun pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan jus ini merangsangan kelenjar tiroid dan mengurangi nafsu makan. Berat badanpun bisa turun.

3. Kanker
Sejumlah pakar mengklaim bahwa jus wheatgrass bisa membunuh sel kanker. Selain itu, jus ini juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Namun, American Cancer Society menyatakan, belum ada bukti ilmiah yang menguatkan klaim wheatgrass bisa menyembuhkan penyakit kanker.

4. Mata
Jus wheatgrass juga disebut dapat meningkatkan ketajaman mata, khususnya saat malam dan mencegah kantong mata. Hasil ini bisa dinikmati bagi mereka yang rutin mengonsumsi jus wheatgrass.

5. Gigi
Jus wheatgrass juga membantu gigi dan mulut agar tetap sehat karena mengandung antibakteri.

6. Ketombe
Oleskan jus wheatgrass ke kulit kepala. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci rambut seperti biasa.

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section