1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KOPI

Pecinta Kopi? Kenali Dulu Aroma 4 Jenis si Biji Hitam

untuk membedakan aroma kopi, mulailah dengan mencoba berbagai macam kopi.

By Ita Malau 3 Oktober 2015 08:16
Biji kopi (Pixabay)

Money.id - Bagi penikmat dan pecinta kopi, mengenal jenis-jenisnya adalah hal yang dasar untuk mengetahui cita rasa si biji hitam itu. Umumnya jenis-jenis kopi yang dikenal dikategorikan jadi empat jenis, yakni arabika, robusta, liberika, dan ekselsa.

Namun, tak semua orang bisa membedakan jenis dan aroma kopi ini. Iwan Setiawan, juara Indonesia Latte Art Champhionship 2014 mengatakan, kopi arabica dan robusta bisa dibedakan secara kasat mata.

"Bentuk arabika lebih lonjong, sedangkan robusta agak bulat. Kalau dari segi aroma mereka berbeda. Arabika kopinya aromatik dan mengeluarkan aroma asam, manis dan sebagainya, sedangkan robusta cenderung beraroma cokelat."

Sementara, kopi liberika dan ekselsa adalah kopi khas Sumatera dan Sulawesi yang sudah langka. Ciri khas liberika adalah perpaduan rasa kopi arabika dan robusta. Sedangkan kopi jenis ekselsa memiliki rasa cokelat yang kuat.

Di Indonesia, kata dia, arabika dan robusta lebih populer. Oleh karena itu, petani biasanya membudidayakan dua jenis kopi ini.

Kemudian Eris Susandi, Barista dari Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) mengatakan untuk membedakan aroma kopi, mulailah dengan mencoba berbagai macam kopi.

"Dimulai dari belajar coffee testing yang dilakukan setiap hari. Misalnya hari ini kita mencoba kopi Sumatera atau besok kita mencoba kopi Toraja, bisa juga dilakukan bersamaan," kata Eris.

Setelah proses tersebut, kita akan menemukan selera kopi yang disukai. Kopi itu adalah selera. "Dari situ kita akan menemukan selera kopi kita sendiri."

Hal tersebut harus dilakukan sesering mungkin hingga Anda dapat membedakan rasa dan aroma dari berbagai macam kopi. Tetapi bukan berarti Anda tidak mencoba jenis kopi yang lain. Hanya saja Anda perlu menemukan kopi mana yang menjadi favorit.

Jadi, jenis kopi apa yang menjadi favorit Anda?

Laporan: Dian Rosalina

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section