1. HOME
  2. FINANCE
BURSA SAHAM

Saham China Anjlok, Miliarder Dunia Kehilangan Rp2.702 Triliun Sepekan

Bos situs berjualan online Amazon mengalami penurunan paling besar.

By Rohimat Nurbaya 11 Januari 2016 16:00
Bos Amazon,Jeff Bezos (Bloomberg)

Money.id - Sedikitnya ada 400 orang terkaya di dunia kehilangan kekayaan US$194 miliar atau setara Rp2.702 triliun dalam sepekan. Hal itu akibat anjloknya pasar saham China dan harga minyak dunia.

Dikutip dari Bloomberg Business, dari angka tersebut sebanyak 47 miliarder rata-rata kehilangan US$1 miliar atau setara Rp14 triliun dalam sepekan. Jumlah tersebut merupakan situasi terburuk sejak 2014.

Namun pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos merupakan salah satu miliarder yang mengalami penurunan kekayaan paling besar. Kekayaannya menurun sebesar US$5,9 miliar atau setara Rp82,1 triliun dalam satu pekan.

Sementara itu orang terkaya di dunia Bill Gates mengalami penurunan kekayaan sebesar US$4,5 miliar atau setara Rp62 miliar dalam satu pekan. Kini kekayaan sebesar US$79,2 miliar atau setara Rp1.103 triliun.

Namun dari 400 miliarder masih ada 11 orang yang masih bernasib beruntung pada perdagangan saham pekan lalu, termasuk lima di antaranya adalah pewaris Wal-Mart Stores, Inc. sebuah perusahaan Amerika Serikat yang mengoperasikan departement store.

Lima Walton bersaudara kekayaannya bertambah US$2,5 miliar atau setara Rp3,4 triliun dalam sepekan. Saat itu saham Wal-Mart naik sebesar US$2 per lembar. 

Jim Walton, anak dari pendiri perusahaan Sam Walton, mengalami peningkatan kekayaan sebesar US$759 ribu atau setara Rp10,5 triliun pada pekan lalu. (poy)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section