1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Gaji UMR Ingin Menikah dalam 8 Bulan, Intip Triknya di Sini

Tidak perlu khawatir, bila kamu merasa yakin, ada banyak cara yang bisa mempermudah rencanamu menikah.

By Dwifantya Aquina 25 Oktober 2016 13:05
Gaji hanya sebatas UMR tetap bisa gelar pesta pernikahan (weddingku.com)

Money.id - Menikah adalah ibadah. Dengan menikah, Anda bisa meningkatkan kualitas hidup sekaligus melaksanakan ajaran agama. Namun, banyak orang menunda melakukan hal baik ini karena terhambat masalah finansial. Maklum, untuk menikah dibutuhan biaya yang tidak sedikit.

Tapi, tidak perlu khawatir, bila kamu merasa yakin, ada banyak cara yang bisa mempermudah rencanamu menikah. Berita baik untuk Anda yang masih memiliki gaji UMR, berikut trik yang bisa kamu lakukan untuk menikah dalam waktu delapan bulan seperti dikutip CekAja.com:

Menyusun rencana

Agar punya gambaran yang jelas, susun rencana pernikahanmu. Buat rencana yang masuk akal dan realistis dengan kondisi keuanganmu. Jadi bila, penghasilan yang kamu miliki masih sebatas UMR, maka jangan menggunakan gedung yang terlalu mewah atau memesan katering dari restoran dan hotel bintang lima.

Data seluruh kebutuhan nikah dan hitung totalnya. Bila jumlahnya masih lebih tinggi dibandingkan bujet yang mungkin untuk Anda kumpulkan, lakukan lagi penghematan. Agar lebih mudah, cari setidaknya tiga alternatif untuk setiap barang atau kebutuhan nikah. (Baca juga: 5 Barang Bekas Pernikahan yang Bisa Kamu Jual Atau Sewakan)

Cari tambahan penghasilan

Karena Anda memiliki penghasilan level UMR, alangkah bijak jika Anda mencari penghasilan tambahan. Dengan memiliki tambahan dana, And bisa siap jika seandainya rencana yang sudah Anda susun tidak berjalan mulus. Atau, tiba-tiba ada tambahan biaya yang mau tidak mau harus dibayar seperti tambahan jumlah undangan atau tambahan overtime gedung daan lain sebagainya. Anda bisa memilih berbagai bisnis sampingan minim modal atau pekerjaan sampingan yang berikan gaji tinggi untuk tambahan modal menikah.

Daftar kartu kredit

Apa hubungannya kartu kredit dengan menikah? Kartu kredit merupakan fasilitas pembiayaan yang bisa dicairkan kapan saja dan di mana saja. Dengan memiliki kartu kredit Anda memiliki tambahan biaya. Namun, karena jumlah limit kartu kredit terbatas, sebaiknya gunakan fasilitas ini dalam keadaan mendesak.

Misalnya, seluruh uang yang Anda punya sudah dikeluarkan namun Anda masih belum memiliki cincin nikah. Nah, gunakan kartu kredit untuk membeli cincin. Bila Anda memiliki gaji setidaknya Rp 3 juta, dan sudah memiliki status sebagai pegawai tetap, segera ajukan kartu kredit yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. (Baca juga: 6 Keuntungan Finansial yang Diperoleh Karena Menikah)

 

Baca Juga

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section