1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Cara Menghindari Kebocoran Uang dari Kartu Kredit

Jangan sampai kantong Anda bolong ketika membayar tagihan kartu kredit.

By Dwifantya Aquina 11 Oktober 2016 17:11
Kartu kredit (Pixabay)

Money.id - Kartu kredit memang bisa memberikan keuntungan finansial bagi pemiliknya. Namun, bila salah dalam penggunaan, kartu kredit bisa jadi lubang di keuangan pdibadi Anda.

Nah, agar kartu kredit tidak menjadi kebocoran yang membuat kantong Anda selalu kempes setiap bulannya, berikut ini 4 tips dari CekAja.com untuk menghindari kebocoran uang dari kartu kredit yang Anda miliki:

Bayar tagihan tepat waktu

Hindarilah keterlambatan pembayaran kartu kredit. Asal kamu tahu saja, penerbit kartu kredit memberikan penalti cukup besar bagi pengguna yang terlambat membayar tagihan. Herannya, meski banyak orang yang mengetahui hal ini, keterlambatan pembayaran kartu kredit masih sering terjadi.

Padahal, bila diakumulasikan uang pembayaran penalti yangs elama ini dibayarkan nilainya tidak sedikit. Untuk menghindari kerugian ini di masa mendatang, ada baiknya Anda mengaktifkan alarm pengingat di smartphone untuk mencegah keterlambatan pembayaran. (Baca juga: 8 Barang Rumah Tangga yang Harus Diganti Secara Teratur Tetapi Sering Kamu Lupakan)

Pilih yang Berikan gratis iuran

Ada banyak promosi yang digunakan bank untuk menarik minat calon pendaftar kartu kredit. Salah satunya adalah kartu kredit yang menawarkan gratis iuran. Kartu kredit seperti ini menarik karena Anda seperti memperoleh fasilitas pembiayaan tanpa harus mengeluarkan uang sama sekali. Namun, ada banyak macam promo gratis iuran yang ditawarkan kartu kredit.

Biasanya, ada kartu kredit yang memberikan promo gratis iuran seumur hidup. Namun, ada pula yang memberikan gratis iuran dalam jangka waktu tertentu. Agar uang Anda tidak terbuang untuk membayar iuran, sebaiknya pilih kartu kredit seperti ini. Namun, perhatikan lebih teliti syarat dan ketentuannya.

Pilih yang berikan cashback dan diskon

Ada banyak kartu kredit yang memberikan diskon belanja di supermarket, restoran, mall dan restoran. Bila Anda termasuk tipe orang yang sering melakukan pembelanjaan di sejumlah tempat tersebut, ada baiknya menggunakan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan itu.

Bila saat ini Anda memiliki kartu kredit namun memiliki fasilitas yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, sudah saatnya mempertimbangkan untuk menutup kartu tersebut dan menggantinya dengan kartu kredit pilihan Anda.

Jangan anggurkan kartu kredit

Pernah membuat kartu kredit di pusat perbelanjaan karena tergiur tawaran diskon besar? Lantas setelah sekali menggunakannya untuk mendapatkan promo diskon, kartu kredit tersebut hanya disimpan dalam dompet. Sebaiknya Anda periksa secara teliti kartu kredit tersebut.

Jangan-jangan kartu kredit yang Anda buat merupakan jenis kartu kredit yang memiliki iuran tahunan cukup besar. Namun, karena tidak melakukan pengecekan Anda tidak sadar telah menimbun utang. Bila kartu kredit tersebut sudah tidak terkaia dan ternayat memiliki iuran cukup tinggi, sebaiknya tutup kartu kredit tersebut.

(Baca juga: Bisnis Budidaya Ikan Berikut ini Omzetnya Mencapai Ratusan Juta Rupiah)

Baca Juga

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section