1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Asuransi yang Wajib Dimiliki Saat Musim Hujan

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang terjadi di musim hujan, ada baiknya Anda melindungi diri dan keluarga dengan asuransi.

By Dwifantya Aquina 10 Oktober 2016 19:14
Banjir akibat hujan lebat, sudah kah Anda mengasuransikan kendaraan Anda? (Otosia)

Money.id - Memasuki pekan pertama Oktober, hujan deras sepertinya akan mengguyur sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan, beberapa daerah mulai mengalami banjir. Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang terjadi di musim hujan, ada baiknya Anda melindungi diri dan keluarga dengan asuransi.

Lantas, asuransi apa saja yang harus dimiliki saat musim hujan seperti sekarang? Berikut ini ulasan lengkapnya dari CekAja.com:

Asuransi kendaraan

Anda punya kendaraan dan sering menggunakan kendaraan itu untuk transportasi sehari-hari? Sebaiknya lindungi kendaraan Anda tersebut dengan asuransi kendaraan. Alasannya ada banyak risiko yang menghantui para pengendara di musim hujan seperti sekarang. (Baca juga: 5 Penyebab Bisnis Online yang Kamu Jalankan Gagal Mendatangkan Untung)

Jarak pandang yang pendek akibat hujan dan jalanan yang licin ternyata meningkatkan perisitwa kecelakaan lalu-lintas. Bila sudah kejadian dan Anda tidak memiliki asuransi kendaraan, siap-siap saja menanggung biaya perbaikan yang bisa membuat keuangan berantakan.

Asuransi kecelakaan diri

Masih berhubungan dengan aktivitas berkendara Anda. Mengingat tingkat kecelakaan selama musim hujan cukup tinggi, sebaiknya lindungi diri Anda dengan asuransi kecelakaan diri. Produk keuangan satu ini memiliki manfaat apabila seorang tertanggung mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka, cacat bahkan meninggal dunia. Dengan asuransi kecelakaan diri, seluruh biaya rumah sakit dibebankan pada perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung.

Asuransi banjir

Asuransi kendaraan biasa saja tidak cukup. Apalagi jika asuransi kendaraan tersebut tidak menyediakan perlindungan dari risiko banjir. Bagi Anda yang sudah memiliki asuransi kendaraan, coba pastikan dulu apakah asuransi yang Anda punya memberikan pertanggungan untuk banjir. Bila tidak ada, segera gunakan asuransi tambahan untuk banjir. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir pada mobil Anda bila rumah atau jalan yang Anda lewati banjir dan merendam kendaraan Anda.

Asuransi kesehatan

Bila Anda belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, ini adalah momen yang tepat untuk mendaftar asuransi kendaraan. Salah satu alasan yang kuat adalah banyaknya penyakit yang muncul di musim hujan seperti diare, muntaber hingga demam berdarah. Untuk menghindari pengeluaran biaya besar-besaran untuk membayar tagihan kesehatan, asuransi kesehatan adalah produk keuangan yang harus dimiliki. (Baca juga: Kecerobohan di Media Sosial yang Bisa Bikin Kamu Bangkrut)

[crosslink_1]

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section