1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Alasan Orang Agunkan Sertifikat Rumah untuk Pinjam Uang

Ada kalanya menjaminkan sertifikat rumah menjadi pilihan yang masuk akal dan bahkan menguntungkan.

By Dwifantya Aquina 28 September 2016 16:28
Sertifikat rumah bisa diagunkan untuk keperluan mendesak (Pixabay)

Money.id - Sertifikat rumah biasanya akan jadi surat berharga terakhir yang digunakan orang untuk mendapatkan pinjaman. Wajar karena menjaminkan sertifikat rumah tidak boleh sembarangan. Salah-salah, rumah yang sudah dibeli dengan susah payah itu lenyap disita oleh lembaga keuangan.

Namun, ada kalanya menjaminkan sertifikat rumah menjadi pilihan yang masuk akal dan bahkan menguntungkan. Berikut ini alasan orang mengagunkan sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman seperti dikutip dari CekAja.com, Rabu 28 September 2016.

Butuh dana besar

Alasan menjaminkan sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman harus masuk akal. Salah satunya karena kita butuh dana besar. Contohnya untuk biaya pengobatan diri sendiri atau keluarga atau untuk memperbaiki rumah yang sudah rusak berat. Nah, dana yang diperoleh dari kredit dengan agunan sertifikat rumah memang besar.

(Baca juga: Rahasia Dapatkan Cashback Saat Belanja di Supermarket, Restoran dan Transaksi Online)

Jika dibandingkan dengan barang agunan lain seperti kendaraan atau logam mulia, nilai rumah biasanya lebih tinggi. Selain itu, pinjaman jenis lain seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) hanya memberikan limit maksimal di kisaran ratusan juta. Jika butuh lebih dari jumlah tersebut, sertifikat rumah adalah alternatif yang bijak.

Butuh modal bisnis

Alasan menjaminkan sertifikat rumah juga jelas harus menguntungkan. Bila potensi keuntungan yang diperoleh lebih besar dibandingkan risiko, Anda boleh menjaminkan sertifikat rumah. Contohnya bila Anda ingin menjalankan bisnis yang punya prospek cerah namun terkendala modal usaha.

Sialnya lagi, tanpa modal yang cukup rencana tersebut diprediksi tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karenannya mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan dengan jaminan sertifikat adalah langkah yang tepat.

Tawaran bunga rendah

Bila suku bunga rendah, cicilan yang jadi kewajiban Anda pun makin ringan. Nah, bila mendapatkan tawaran bunga ringan seperti ini, mungkin Anda harus mempertimbangkan masak-masak menjaminkan sertifikat tersebut. Apalagi jika tawaran yang diberikan bersifat khusus atau tidak berlaku umum. (Baca juga: 5 Penyebab Kamu dan Pasangan Gagal Kaya Saat Investasi Bersama)

Pemberi pinjaman kredibel

Jangan sembarangan menjaminkan sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman. Sebelum mengajukan, periksa dulu latar belakang pemberi kredit. Pastikan lembaganya kredibel dan punya latar belakang yang jelas. Bila ingin lebih mudah, ajukan pinjaman Anda melalui portal perbandingan jasa keuangan. Selain murah dan simpel, kredibilitas pemberi pinjaman juga dijamin penuh.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section