1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Produk Keuangan yang Harus Dimiliki Pebisnis Pemula

Produk keuangan yang tepat ternyata juga bisa mendukung pebisnis untuk sukses.

By Dwifantya Aquina 5 Oktober 2016 15:02
Pebisnis pemula wajib memiliki produk keuangan yang menunjang

Money.id - Agar sukses, pebisnis tidak cuma butuh perencanaan yang matang dan strategi yang tepat. Selain itu, mereka harus didukung banyak hal mulai dari sumber pendanaan, koneksi hingga keahlian.

Bicara soal berbagai faktor pendukung kesuksesan pebisnis, produk keuangan yang tepat ternyata juga bisa mendukung pebisnis untuk sukses. Berikut ini empat produk keuangan yang harus dimiliki pebisnis agar sukses seperti dikutip CekAja.com:

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk keuangan yang sangat bermanfaat. Bila seseorang dilindungi asuransi kesehatan, beban biaya pengobatan dapat dialihkan pada perusahaan asuransi.

Sayangnya banyak orang yang menyepelekan fungsi penting asuransi kesehatan. Tidak sedikit pula pebisnis, khsusunya yang masih muda, menganggap produk ini tidak terlalu dibutuhkan. Lebih baik, dana yang ada dikonsentrasikan untuk menambah modal usaha. (Baca juga: Bisnis Budidaya Ikan Berikut ini Omzetnya Mencapai Ratusan Juta Rupiah)

Padahal, di tengah mahalnya biaya kesehatan di Indonesia, sakit bisa menjadi bumerang bagi kondisi finansial seseorang. Bila Anda seorang pebisnis dan tidak memiliki asuransi kesehatan, Anda akan kehilangan penghasilan ketika jatuh sakit. Alhasil, modal bisnis yang seharusnya tidak dapat diganggu guat digunakan untuk membiayai tagihan biaya kesehatan.

Rekening tabungan

Rekening tabungan adalah produk yang wajib dimiliki pebisnis. Tanpa memiliki rekening, Anda pasti akan kerepotan saat melakukan transaksi bisnis. Selain itu, rekening tabungan juga menjadi syarat utama mengakses berbagai produk keuangan penting lainnya seperti pinjaman usaha atau kredit kendaraan. Untuk itu, milikilah rekening tabungan yang paling menunjuang kebutuhan Anda sebagai pebisnis.

Kartu kredit

Anda pasti bertanya, apa keuntungan yang diperoleh seorang pebisnis sehingga harus memiliki kartu kredit. Nah bagi pebisnis, apalagi pebisnis pemula, persoalan permodalan memiliki peran sangat penting. Tanpa permodalan yang memadai seringkali bisnsi yang dibangun mengalami kendala. Dengan kartu kredit, Anda yang baru menjalankan bisnis bisa mengakses modal cepat melalui pembiayaan kartu kredit.

Misalnya, pembelian peralatan usaha yang membutuhkan dana besar bisa ditalangi melalui fasilitas cicilan kartu kredit. Selain itu, pengusaha yang membutuhkan modal lebih besar melalui Kredit Tanpa Agunan (KTA) harus memiliki kartu kredit sebagai syarat pengajuan pinjaman.

Asuransi properti

Produk satu ini sangat dibutuhkan terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis offline. Perlindungan yang diberikan produk keuangan satu ini bisa menghindarkan Anda dari kebangkrutan usaha mendadak. Contohnya, Anda adalah pengusaha bengkel kendaraan.

Dalam semalam bisnis yang Anda bangun hancur berantakan karena bangunan bengkel yang Anda punya dilalap api kebakaran atau terendam banjir bandang. Bila Anda memiliki asuransi properti, seluruh kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam tersebut bisa dialihkan pada perusahaan asuransi properti. (Baca juga: Kecerobohan di Media Sosial yang Bisa Bikin Kamu Bangkrut)

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section