1. HOME
  2. FINANCE
IHSG

Dibuka Melemah, IHSG Tertekan Kenaikan Saham Eropa dan AS

Pada perdagangan hari ini IHSG dibuka melemah 10,23 poin

By Rohimat Nurbaya 24 Februari 2016 11:15
Ilustrasi Analisis Ekonomi (Pixabay)

Money.id - Index Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 10,23 poin atau sekitar 0,22 persen pada perdagangan, Rabu 24 Februari 2016. IHSG dibuka pada level 4.643,824.

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup pada level 4,654.054. Hingga perdagangan pukul 09.25 WIB IHSG perlahan bererak menguat ke level 4.658.

Sementara itu, pada penutupan perdagangan Selasa 23 Februari 2016, IHSG melemah 54,57 poin atau 1,16 persen ke level 4.654,05.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan, menurunnya IHSG karena dipengaruhi euforia kenaikan laju bursa saham Eropa dan Amerika Serikat.

Kenaikan itu terjadi seiring menguatnya harga minyak mentah dunia yang diikuti dengan perburuan saham-saham metal dan komoditas tampaknya tidak berlangsung lama.

"Buktinya laju IHSG mengalami pembalikan arah melemah di tengah harapan akan adanya potensi pembalikan arah menguat," ujar Reza dalam analisis harian yang diterima Money.id.

Reza menuturkan, positifnya laju IHSG sebelumnya memberikan ruang untuk dapat melanjutkan kenaikannya. Hal tersebut terlihat seiring mulai adanya aksi-aksi beli dengan memanfaatkan pelemahan sebelumnya.

Tetapi menurut dia, semuanya di luar ekspektasi dan kendali di mana IHSG lebih memilih menuju teritori negatif daripada melanjutkan penguatannya, padahal laju rupiah sedang membaik dan angka CDS juga cenderung turun namun, juga tidak direspons positif.

"Pelaku pasar terimbas sentimen negatif pelemahan laju bursa saham regional daripada sentimen tersebut," tutur dia. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section