1. HOME
    2. FINANCE
MONEY WEEKEND

Berburu Promo Belanja dan Liburan Murah di Akhir Pekan

Akhir pekan selalu diincar para pebisnis untuk menarik konsumen datang dan membeli produk yang mereka tawarkan.

By Dwifantya Aquina 13 Mei 2016 10:46
Ilustrasi berbelanja di akhir pekan (easiestcreditcard.net)
Akhir pekan menjadi waktu yang paling ditunggu oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang menghabiskan lima hari dalam seminggu untuk bekerja ataupun sekolah. Ketika akhir pekan tiba, banyak orang memilih menghabiskan waktu dengan beristirahat atau berkumpul bersama keluarga.
 
Namun, tak sedikit pula orang-orang yang menikmati akhir pekan dengan berlibur maupun berbelanja bersama keluarga. 
 
Hal tersebut diyakini dapat mengurangi tingkat stres para pekerja yang kurang lebih selama 40 jam duduk di hadapan komputer dan berkutat pada kesibukan pekerjaan mereka. 
 
Bagi beberapa orang, akhir pekan juga menjadi waktu yang pas untuk memanfaatkan momen promosi, mulai dari tiket penerbangan murah, penginapan, tempat wisata, hingga berbagai diskon di pusat perbelanjaan.
 
Mungkin Anda bertanya, mengapa kebanyakan pelaku bisnis menerapkan promosi besar-besaran di akhir pekan?
 
Sebenarnya ini adalah trik para pebisnis untuk menarik konsumen datang dan membeli produk yang mereka tawarkan. Di akhir pekan, kebanyakan orang tentu ingin melepas penat dari rutinitas kerja mereka. Maka dari itu, tawaran diskon atau promo produk murah tentu akan menggiurkan mereka yang membutuhkan refreshing.
 
Menurut sebuah penelitian, ternyata ketika seorang konsumen melakukan pembelian, ada faktor-faktor psikologi yang ikut andil di dalamnya. Hal inilah yang dimanfaatkan para pemasar dalam menentukan suatu cara agar pelanggan semakin tertarik terhadap produknya, terutama dalam segi harga. Konsumen memiliki presepsi-presepsi untuk menentukan harga sebuah produk. 
 
Salah satunya adalah ketika melihat tawaran promo cuma-cuma alias gratis. Misalnya, “Hanya Untuk 100 Pembeli Pertama, Beli 2 gratis 1!” “Order hari ini, Gratis Ongkos Kirim”. Setiap orang pasti bakal tertarik dan menyukai bonus. 
 
Ini merupakan salah satu strategi jitu dan sangat efektif dalam menjaring konsumen untuk membeli.
 
Hal lain yang tak dapat dipungkiri, tidak sedikit dari kita yang mengasumsikan Rp4.999 lebih murah dari Rp5.000, hemat Rp1. Padahal keduanya adalah sama. Lagi pula tidak mungkin kita menerima kembalian Rp1. Di sinilah psikologi harga bermain.
 
Sementara, persepsi diskon bagi siapapun yang melihat gelaran diskon 20%-70% di pusat perbelanjaan, pasti tertarik untuk membeli. Pembeli merasa mereka telah berhemat. 
 
NEXT: Berburu Promo Liburan Murah >>>>
 

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section