1. HOME
  2. FRESH
MONEY WEEKEND

Modal Rp1 Juta Bisa Pulang Pergi Lombok? Ini Caranya

Jika memilih memakai pesawat, paling tidak harus mengeluarkan Rp2 juta untuk tiket pulang pergi Jakarta - Lombok

By Nur Chandra Laksana 30 April 2016 08:05
Pulai lombok (lomboksavaritour)

Money.id - Pulau Lombok memiliki pesona alam yang sangat indah. Oleh karena itu, banyak pelancong dari dalam maupun luar negeri berebut menikmati keindahan pulau ini.

Namun karena tingginya permintaan untuk menuju pulau tersebut, maka hampir semua maskapai penerbangan mematok harga yang lumayan tinggi. Terutama untuk tiket Jakarta – Lombok.

Contohnya, dalam peak season atau menjelang libur panjang, seperti tanggal 5 hingga 8 Mei mendatang, maskapai penerbangan mematok harga paling murah seharga Rp1 juta.

Untuk para calon pelancong yang memiliki uang terbatas, maka pilihan tersebut mungkin terlalu mahal. Namun, jangan khawatir, karena tim Money.id miliki solusinya. Penasaran? Silahkan simak tips liburan ke Lombok dengan budget Rp710 ribu berikut ini.


Naik Kereta Menuju Lempuyangan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menyeberang ke Pulau Lombok adalah dengan melakukan perjalanan ke daerah Lempuyangan, Yogyakarta. Untuk harga sendiri, kereta dari stasiun Jakarta ke Lempuyangan cukup terjangkau, bahkan di saat peak season sekalipun.

Namun perlu diingat, pilih kereta yang memiliki waktu kedatangan di pagi hari untuk lebih menghemat biaya perjalanan. Beberapa pilihan keretanya antara lain:

  1. Progo

Berangkat dari Stasiun Senen : pukul 22.30

Sampai di Stasiun Lempuyangan : pukul 06.55

Harga : Rp110.000

  1. Bogowonto

Berangkat dari Stasiun Senen : pukul 21.40

Sampai di Stasiun Lempuyangan : pukul 05.55

Harga : Rp165.000

Setelah sampai di pelabuhan Lempuyangan, ambil kereta arah stasiun Banyuwangi Baru dengan mengeluarkan sekitar Rp96 ribu per orang.


Naik Kapal Laut Menuju Gilimanuk

Setelah sampai di Stasiun Banyuwangi Baru, lanjutkan perjalanan ke pelabuhan Ketapang yang berada sekitar 300 meter dari Stasiun Banyuwangi Baru. Harga terakhir yang tim Money.id dapatkan, tiket penyeberangan pelabuhan Ketapang seharga Rp75 ribu per orang.


Menuju Tempat Wisata

Setelah menyeberang ke Gilimanuk, lanjutkan perjalanan ke pusat wisata Lombok, yakni Gili Trawangan. Untuk mencapai daerah itu, ambil angkutan umum arah Padang Bai dengan tariff Rp65 ribu per orangnya.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Lembar dengan membayar angkutan sebesar Rp50 ribu per orang. Setelah sampai, langsung ambil kendaraan ke arah Bertaris dengan membayar angkutan umum dengan tariff Rp20 ribu per orang.

Terakhir, dari arah Bertaris ambil angkutan umum menuju kearah Gili Trawangan dengan membayar angkutan umum sebesar Rp20 ribu. Jika Ingin mengarah ke Senggigi, ambil angkutan yang menuju arah Pantai Senggigi dan turun dimana saja dengan ongkos Rp5 ribu per orang


Penginapan Murah

Setibanya di tempat wisata, pastikan untuk membooking hotel terlebih dahulu. Untuk di Gili Trawangan, harga hotel sudah memiliki standar harga yang cukup tinggi. Saat ditelusuri, hotel termurah yang ada di Gili Trawangan berkisar di harga Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

Sedangkan jika tujuan wisata mengarah ke arah Senggigi, mereka menawarkan dengan harga yang lebih murah. Tercatat per malam di hotel sekitaran Senggigi memiliki harga mulai dari Rp100 ribu hingga Rp1 juta per malam.


Total yang Harus Dikeluarkan

Jika memilih berwisata ke kawasan Gili Trawangan, maka satu kali perjalanan memakan anggaran antara Rp420 ribu hingga Rp470 ribu plus hotel sebesar Rp300 ribu.

Total biaya perjalanan dengan 1 malam menginap berkisar di angka Rp1,1 juta hingga Rp1,3 juta pulang pergi dengan menginap satu malam.

Di sisi lain, jika memilih berwisata ke Senggigi, maka satu kali perjalanan memakan anggaran antara Rp400 ribu hingga Rp460 ribu plus hotel sebesar Rp100 ribu.

Total biaya perjalanan dengan 1 malam menginap berkisar di angka Rp910 ribu hingga Rp1,1 juta pulang pergi dengan menginap satu malam.

 

Baca juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section