1. HOME
  2. DIGITAL
HARI GURU NASIONAL

Google Peringati Hari Guru Nasional

Peringatan hari guru tertuang dalam Keppres Nomor 78 Tahun 1994 yang dikuatkan oleh UU Nomor 14 Tahun 2005.

By Adhi 25 November 2015 12:00
Google Doodle Hari Guru Nasional (google.co.id)

Money.id - Hari ini, Rabu 25 November 2015 diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Untuk menunjukkan apresiasinya, Google pun memberikan doodle apresiasi Hari Guru di laman muka mesin pencarinya.

Google hari ini menghadirkan animasi bergerak yang menampilkan dua tangan yang tengah menuliskan perhitungan matematika. Di sekitarnya juga terdapat beberapa animasi bentuk bangun ruang, not musik, antariksa dan otak manusia. Hal ini menggambarkan berbagai pelajaran yang telah diajarkan oleh guru.

Hari Guru Nasional sendiri ditetapkan bertepatan dengan tanggal didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Peringatan Hari Guru Nasional ini bertujuan untuk mengenang dan mengapresiasi jasa-jasa para tenaga pendidik yang mengabdikan diri kepada masyarakat.

Peringatan ini tertuang dalam Keppres Nomor 78 Tahun 1994 yang dikuatkan oleh UU Nomor 14 Tahun 2005.

Sebelum Indonesia merdeka, para aktivis pendidikan di nusantara telah membuat sebuah organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tepatnya tahun 1912. Namun, pada tahun 1932 anggota PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia).

Guru juga berperan dalam menyebarkan pesan moral, norma, dan nilai, baik di dalam maupun di luar kurikulum pelajaran atau lembaga pendidikan.

Meskipun Hari Guru Nasional bukan merupakan hari libur nasional, hari spesial untuk para guru ini biasanya dirayakan oleh lembaga pendidikan dengan pengadaan upacara penghormatan pada guru, kepala sekolah, dan juga staf sekolah lainnya.

Sebagai informasi, Hari Guru Internasional dirayakan di seluruh dunia ditetapkan pada tanggal 5 Oktober di tiap tahunnya.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section