1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Asyik, Google Maps Offline Sudah Bisa Dinikmati di Indonesia

Fitur Offline Google Maps pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O pada Mei lalu, dan mulai diluncurkan secara global pada pekan lalu.

By Adhi 23 November 2015 20:00
Google Maps Offline (pcworld.com)

Money.id - Google resmi meluncurkan fitur "offline" di Google Maps untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi pengguna di Indonesia.

Fitur offline memungkinkan pengguna mengunduh sebuah area ke ponsel, sehingga saat koneksi internet menjadi tidak stabil atau hilang, Google Maps akan tetap bekerja.

Setelah menyimpan sebuah area untuk akses offline, Anda bisa mencari destinasi, mendapat navigasi belokan-demi-belokan dan menemukan informasi tentang destinasi tersebut, seperti jam operasional, nomor telepon, serta rating, tanpa membutuhkan koneksi internet.

"Koneksi internet terkadang suka menghilang saat Anda paling membutuhkannya, seperti saat harus belok di perempatan, atau saat mencari sebuah tempat baru. Dengan peluncuran ini, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini, agar orang Indonesia bisa menemukan tujuan mereka tanpa berbelok ke jalan yang salah," jelas Product Manager Google Maps, Nikhil Vaishnavi, dalam keterangan resminya, Senin 23 November 2015.

Misalnya Anda berencana pergi ke sebuah tempat baru di Jakarta, dan Anda tahu kalau koneksi Internet di jalan akan menjadi tidak stabil atau hilang sama sekali. Sebelum berangkat, unduh area Jakarta ke ponsel Anda. Ketik area Jakarta di Google Maps, ketuk nama wilayah di kotak putih paling bawah, kemudian pilih "Unduh".

Atau cara lainnya, pilih "Unduh area offline" di menu utama Google Maps, lalu masuk ke pilihan "Area offline" dan tekan tanda "+" berwarna biru di pojok kanan bawah.

Setelah mengunduh peta yang Anda pilih, Google Maps akan tetap bekerja tanpa koneksi internet. Ketika ponsel kembali terhubung dengan internet, Google Maps akan kembali beralih pada fungsi online, yang memberikan fungsi lengkap seperti informasi kemacetan real-time di rute yang dilalui.

Fitur Offline Google Maps pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O pada Mei lalu, dan mulai diluncurkan secara global pada pekan lalu. Mulai hari ini, Google akan meluncurkannya secara bertahap untuk penggguna perangkat Android dan iOS di Indonesia.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section