1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

7 Penampakan Unik Proyek Ambisius Manusia dari Angkasa (Bagian II)

Sejumlah proyek arsitektur dan infrastruktur ambisius yang tersebar di berbagai negara bisa dilihat melalui Google Earth View.

By Adhi 23 November 2015 16:34
Google Earth View (androidpolice.com)

Money.id - Arsitektur dan infrastruktur menjadi dua karya masif yang diukirkan manusia pada permukaan bumi. Bila ingin melihat jejak kedigdayaan manusia, Anda kini tak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk berkeliling dunia. Pasalnya, Anda kini bisa menikmati seluruh permukaan bumi di Google EarhView.

Ya, EarthView adalah versi penyempurnaan dari layanan citra satelit Google Earth. Hasil-hasil fotografi satelit di EarthView sudah mendapatkan peningkatan detail warna dan bisa diunduh bagi para penikmatnya.

Melalui EarthView, kita bisa melihat sejumlah proyek arsitektur dan infrastruktur ambisius yang tersebar di berbagai negara. Beberapa di antaranya bahkan menghadirkan penampakan luar biasa yang mencengangkan.

Anda tidak percaya? Berikut 7 citra satelit proyek ambisius manusia di berbagai penjuru dunia seperti yang telah dirangkum laman BBC: (Lanjutan dari Bagian I)

4. IJsseloog di Ketelmeer, Belanda

(Google Street View)

IJsseloog adalah sebuah bendungan sepanjang 1 km yang berada di Ketelmeer, Belanda. Awalnya, daerah ini merupakan danau yang sangat luas sebagai induk sungai IJssel, salah satu sungai terbesar dan terpanjang di Belanda. Menariknya, di IJsseloog terdapat banyak pulau-pulau buatan berukuran kecil dimana tanahnya merupakan hasil reklamasi permukaan laut di sepanjang bibir pantai Belanda.

5. Tambang tembaga dan emas di Akjoujt, Mauritania

(Google Street View)

Citra satelit dari tambang Akjoujt sungguh mencengangkan. Di antara hamparan gurun pasir dan gunung batu yang luas, Anda dapat melihat permukaan biru yang terkesan jernih bak air laut. Namun, patut diketahui bahwa efek warna biru tersebut merupakan hasil proses oksidasi tembaga karbonat yang memberikan warna biru pada permukaan air.

Tambang tembaga dan emas di Akjoujt, Mauritania kabarnya mampu menghasilkan 3.300 kg emas per tahunnya.

6. The Pearl di Doha, Qatar

(Google Street View)

The Pearl adalah sebuah jajaran pulau buatan manusia yang berlokasi di kawasan "super elit" Doha West Bay Lagoon. Jajaran pulau buatan ini terdapat hotel-hotel mewah, kompleks tempat tinggal para miliarder, retoran kelas atas, serta apartemen bagi para ekspatriat yang mayoritas merupakan pekerja perusahaan minyak.

The Pearl sendiri digarap sejak 2012. Hingga kini, proses penyelesaiannya masih berlangsung dan diprediksi akan rampung sepenuhnya pada 2018.

7. Venezia, Italia

(Google Earth View)

Venezia adalah salah satu kota paling romantis di dunia. Akan tetapi, di balik itu semua Venezia menyimpan mara bahaya. Bagaiman tidak? Kota ini adalah "kota air." Pergerakan tektonik yang terus menerus mendorong permukaan tanah kota Venezia ke arah Pegunungan Apennine. Akibatnya kota ini tenggelam.

Namun begitu, hasil rekayasa para ilmuwan mampu membaut Venzia tetap bertahan. Sistem pompa air tanah yang diterapkan mampu menyelamatkan kota indah yang memiliki sangat banyak aliran sungai ini. Penampakannya dari satelit pun sangat indah.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section