1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Inilah Tips Sukses Berbisnis Ratna Listy

Jangan lupa berbinsis yang bisa bermanfaat untuk orang banyak.

By Rizki Astuti 24 Mei 2016 14:40

Money.id - Ratna Listy kini bukan hanya menjalani profesi sebagai seorang artis saja, tapi juga pebisnis. Ya, dirinya bahkan memiliki usaha kuliner 'Bebek Jumbo' dan usaha kecantikan 'RL masker lumpur'.

Ratna bahkan bisa mengantongi puluhan juta rupiah dalan bisnis tersebut. Namun bukan hal mudah baginya mencapai kesuksesan yang diraihnya itu.

Saat berbincang dengan Money.id, Selasa, 24 Mei 2016, demi menapak di puncak kesuksesan diperlukan kiat yang tepat. Selain kerja keras, ada baiknya Anda mengetahui 5 tips berbisnis dari Ratna berikut ini :

Niat

Menurut Listy, hal pertama yang dilakukan baik sebelum ataupun sesudah memulai bisnis adalah niat dan tekad agar usaha tersebut terus berkembang.

"Selain niat, jangan lupa untuk siapkan modal. Kalau enggak ada modal bisnis juga enggak bisa jalan," katanya sambil menebar tawa.

Nekat

Mengapa dalam berbisnis harus nekat? Ibu dua anak ini menjelaskan apapun risiko yang akan dihadapi atau komentar miring yang datang saat berbinis cobalah untuk tetap tekad pada tujuan utama.

"Misalnya ada yang bilang lokasi enggak strategis atau kenapa jual bebek enggak jual ayam. Nekat aja, maju enggak usah nengok kanan-kiri apa komentar orang."

Manfaat

Seyogyanya, menurut Listy, bisnis harus bisa bermanfaat untuk orang banyak. Bukan hanya sekedar passion, karena bukan berarti apa yang Anda sukai disukai pula oleh orang lain.

Lebih baik survei terlebih dahulu bisnis apa yang sekiranya cocok untuk orang banyak.

"Aku memang suka sama bebek, tapi kira-kira banyak enggak orang yang suka bebek. Setelah survei ternyata di sini banyak yang jual bebek ya sudah yakin di sini pasarnya cocok."

Semangat

Semangat dalam mendirikan usaha harus terus dijaga menurut Ratna, karena bisnis itu bisa sewaktu-waktu naik dan turun. Sehingga saat omzet menurun Anda tetap semangat dan ingat tujuan awal berbisnis.

Listy mengibaratkan bisnis itu seperti mengayuh sepeda.

"Jadi saat jalanan naik kita harus lebih kuat mengayuh. Kalau tiba di jalan menurun, tidak perlu dikayuh. Namun saat tiba jalan mendatar dikayuh kembali agar tetap berdiri."

Zakat

Tak ada salahnya, berbagi sedikit rezeki yang didapat dari berbisnis kepada orang yang membutuhkan. Bahkan doa yang diberikan dari orang tersebut adalah kunci utama agar seseorang sukses.

"Harus ada yang dikeluarkan untuk zakat biar bisnis kita juga berkah."

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section