1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Suka Duka Ratna Listy Berbisnis Resto 'Bebek Jumbo'

"Harus siap kalau ada customer yang komplain tetap senyum dan rendah hati saja..."

By Rizki Astuti 20 Mei 2016 06:05

Money.id - Bisnis Bebek Jumbo milik Ratna Listy sudah berjalan lebih dari setahun. Selama membangun usaha restoran itu, Ratna mengaku sempat menghadapi banyak kendala. 

Kesulitan berbisnis kuliner yang dialami wanita berumur 42 tahun itu, diakuinya lebih terkendala pada Sumber Daya Manusia (SDM) alias manajemen.

"Jadi ada yang punya masalah pribadi, dibawa ke pekerjaan dan mereka berantem. Saya enggak ada waktu untuk sidang terus tanya siapa yang benar dan salah jadi saya keluarkan dua-duanya. Saya harus tahu bagaimana caranya untuk buat mereka kompak," kata Ratna kepada Money.id beberapa waktu lalu. 

Menurut Ratna, masalah tersebut tidaklah profesional bila harus dibawa pada lingkungan kerja. Apalagi kendala pegawai yang masih dalam tahap pelatihan, sehingga masih perlu bimbingan dan pengawasan darinya.

"Training-nya kan dua minggu, jadi ya saya harus lebih rendah hati. Misal kayak kasirnya yang lama terus akhirnya saya terjun langsung menyapa para pelanggan, sambil aku nyanyiin pakai gitar," kata mantan presenter 'Bedah Rumah' di salah satu stasiun televisi itu. 

Tak hanya itu, Ratna bahkan rela menjadi seorang pegawai untuk melayani pelanggan yang datang.

"Harus siap kalau ada customer yang komplain tetap senyum dan rendah hati saja. Saat tamu lagi banyak terus pegawai kewalahan ya aku turun jadi waiters (pelayan) terus lap meja," katanya.

Selain itu, kesulitan Ratna lainnya adalah dalam bahan baku makanan seperti cabai. Mantan istri dari Herry Purtanto itu mengaku tak menggunakan bahan kimia, sehingga sambalnya tidak bertahan lama, hanya dua hari saja. Bila terlalu lama, rasa sambal menjadi asam.

"Kita akhirnya enggak stok banyak-banyak. Jadi, kadang rasa sambal di sini bisa pedas bisa kurang pedas, kadang pelanggan suka komplain. Tapi karena kami jelaskan, Alhamdulillah mereka ngerti."

Kendati demikian, Ratna tidak menganggap hal tersebut adalah kesulitan yang berarti, namun dia menilai sebagai sebuah tantangan agar bisnisnya bisa terus berkembang.

"Walaupun awalnya banyak tantangannya, yang penting saya niat berbisnis. Insya Allah pasti berjalan."

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section