1. HOME
  2. OTOTALK
CEK AJA

Ingin Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan 5 Hal Pada Mobil Anda

Bagi Anda yang mau menggunakan mobil pribadi untuk liburan ke tempat yang jauh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

By Dwifantya Aquina 17 April 2017 08:47
Ilustrasi mobil (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Beberapa hari lagi kita semua akan menghadapi long weekend. Mungkin beberapa di antara kalian sudah memiliki rencana untuk berlibur ke luar kota. Bila menggunakan transportasi publik seperti kereta, pesawat atau bus, Anda tidak perlu banyak persiapan.

Tapi, bagi Anda yang mau menggunakan mobil pribadi untuk liburan ke tempat yang jauh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya. Demi kenyamanan perjalanan Anda, berikut 5 hal yang harus Anda pastikan sebelum hari keberangkatan nanti seperti dikutip CekAja.com.

Blowbag

Ada 7 hal yang perlu diperiksa sebelum mobil dipakai berkendara ke tempat jauh yakni Baterry (baterai), Lights (lampu), Oil (minyak), Water (air), Brakes (rem), Air (udara) dan Gas (BBM). Untuk udara misalnya, pastikan bila ban mobil Anda memiliki angin yang cukup untuk perjalanan jauh. Sementara itu, jangan pernah lupa periksa kondisi lampu dan rem. Bila kedua komponen ini rusak bisa membahayakan perjalanan Anda. (Baca juga: Mengerikan, 5 Jenis Kanker Ini Bisa Muncul karena Stres Bekerja)

Kunci reparasi darurat

Siapkan diri Anda untuk menghadapi yang terburuk. Bisa saja Anda mengalami musibah dan mengharuskan mobil diperbaiki. Bila Anda berada di tengah kota mungkin situasinya aman. Tapi, liburan Anda bisa terancam jika mobil mogok di tengah lokasi wisata yang jauh dari bengkel. Untuk itu, selalu sediakan kunci reparasi darurat di mobil Anda.

Bawa ban cadangan

Simpel tetapi sering dilupakan banyak orang. Bila Anda berniat jalan jauh, pastikan membawa ban serep agar Anda tidak pusing ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Contohnya, jika ban mobil Anda bocor karena tertusuk paku, sementara Anda jauh dari tukang tambal ban, bisa-bisa rencana liburan jadi berantakan. Oleh karena itu, selalu sedikan satu buah ban serep untuk berjaga-jaga.

Kondisi fisik pengemudi

Jangan samakan berkendara di dalam kota dnegan berkendara jauh ke luar kota. Ingat Anda bisa berjam-jam dalam kendaran dan fisik pengemudi yang tidak fit bisa membahayakan penumpang. Untuk itu, sebelum hari keberangkatan pastikan Anda sehat. Bila perlu, lakukan olahraga ringan dan tidur teratur sebelum keberangkatan.

Asuransi kendaraan

Sebelum Anda mengalami musibah sehingga mobil Anda rusak parah, sebaiknya periksa lagi polis asuransi mobil Anda. Pastikan asuransi masih melindungi Anda selama berlibur. Dengan perlindungan asuransi kendaraan, Anda juga bebas dari rasa was-was. Lagi pula, siapa sih yang ingin bangkrut pulang berlibur hanya karena mobil rusak dan membutuhkan perbaikan? (Baca juga: Bos VS Pemimpin, Mana yang Jadi Gaya Kepemimpinanmu?)

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section