1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Rahasia di Balik Pasir Putih Monumen White Sands AS

White Sands juga menawarkan sejumlah atraksi dan pengalaman wisata yang cukup menarik.

By Rizki Astuti 1 Desember 2016 14:30
Monumen White Sands di AS (www.newmexiconewsport.com)

Money.id - New Mexico memiliki beberapa tempat yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Monumen Nasional White Sands yang terletak di selatan negara bagian Amerika Serikat.

Meski namanya monumen, White Sands bukanlah tugu atau struktur bangunan. Melainkan sebuah gurun pasir berwarna putih bersih seluas 275 mil persegi. Bangunan ini berbentuk gurun dan berhasil menarik lebih dari setengah juta pengunjung pada tahun lalu.

Pasir berwarna putih yang membentang itu pasir sembarangan, melainkan pecahan gipsum yang terpendam di bagian bawah danau jutaan tahun yang lalu dan dikenal sebagai Danau Lucero.

Menurut Pengajar sejarah Bumi dan geologi lingkungan di University of New Mexico (UNM), Gary Smith gipsum merupakan mineral unik yang ditemukan di bukit-bukit pasir dan bisa larut dalam air.

Sedangkan Manajer Program Pelayanan Pengunjung White Sands, Rebecca Burghart, mengatakan gipsum bisa tetap berada di bagian bawah danau karena pembentukannya lebih cepat dari pelarutannya.

"Diyakini bahwa saat daerah ini terendam air, gipsumnya tercipta dengan kecepatan tinggi dibanding dengan proses pelarutannya. Inilah sebabnya, meskipun mengalami pelarutan, gipsum masih tetap ada di dasar danau dan tertinggal setelah air menguap,” ujar Rebecca yang dilansir dalam laman Newmexiconewsport, Kamis 1 Desember 2016.

Monumen White Sands
© 2016 money.id/www.newmexiconewsport.com

Memang, selama jutaan tahun danau mengering dan mengalami erosi angin yang secara perlahan menghancurkan sebagai besar gipsum menjadi selenite (sebutan gipsum yang sudah hancur). Selenite sendiri bersifat tembus pandang, namun karena terkikis oleh angin yang menerpa permukaan selenite itu terlihat putih di mata manusia.

Meski hanya padang gurun pasir, White Sands menawarkan sejumlah atraksi dan pengalaman wisata yang cukup menarik. Mulai dari jalan-jalan menunggu matahari tenggelam hingga berkemah di tengah gurun pasir.

Salah satunya adalah meyaksikan supermoon. Tanpa lampu dan penghalang lainnya, langit akan terlihat bersih sehingga wisatawan bisa menyaksikan fenomena langka supermoon dengan leluasa.

"Ada tujuh supermoon tahun ini dan White Sands menawarkan kesempatan menyaksikan supermoon antara Mei sampai Oktober. Terangnya sinar supermoon membuat bukit-bukit pasir putih terlihat menyala, hingga mengalahkan sumber cahaya lainnya," kata Rebecca.

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section