1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Wajib Tahu! Ini Keuntungan Melakukan Take Over KPR

Take over KPR adalah produk KPR yang memungkinkan nasabah bak tertentu mengalihkan pinjaman kreditnya pada bank lain.

By Dwifantya Aquina 24 Maret 2017 08:02
Take over KPR sangat membantu meringankan cicilan kredit yang harus dibayar setiap bulannya (Pixabay)

Money.id - Banyak orang membeli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) namun tidak mengetahui produk KPR satu ini. Padahal, produk KPR ini bisa sangat membantu meringankan cicilan kredit yang harus dibayar setiap bulannya.

Secara sederhana, take over KPR adalah produk KPR yang memungkinkan nasabah bak tertentu mengalihkan pinjaman kreditnya pada bank lain.

Keuntungannya, bank yang siap menerima take over KPR memberikan suku bunga kredit yang lebih rendah dibandingkan bank sebelumnya. Lantas, apa saja keuntungan take over KPR yang lainnya? Berikut ini ulasan selengkapnya dikutip dari CekAja.com.

Potensi bunga lebih rendah

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, nasabah yang melakukan take over KPR berpotensi mendapatkan bunga KPR baru yang lebih rendah. Mereka yang membeli rumah di tengah tingginya suku bunga tentu sangat diuntungkan dengan fasilitas ini.

Bayangkan saja, bila cicilan KPR Anda mengambil porsi 30% dari penghasilan Anda dan setelah melakukan take over kredit Anda hanya perlu membayar separuhnya, tentu akan sangat meringankan bukan? (Baca juga: Ini yang Sebabkan Premi Asuransi Jadi Mahal)

Mendapatkan dana segar

Take over KPR sering disebut juga sebagai sistem penilaian ulang rumah. Dengan adanya penilaian ulang rumah ini, ada potensi keuntungan lainnya yakni bank menghitung bahwa harga rumah Anda mengalami kenaikan. Nah, dana yang berasal dari penilaian ulang rumah yang dilakukan bank tersebut dapat dimanfaatkan untuk digunakan sebagai pinjaman baru.

Sebagai contoh, tuan A dua tahun lalu  membeli rumah seharga Rp 400 juta. Tuan A kemudian mengajukan take over KPR pada bank X. Petugas penilai bank ternyata menilai bahwa harga rumah tuan A sekarang lebih dari Rp 500 juta. Maka tuan A bisa memperoleh pinjaman 100 juta dengan bunga jauh lebih murah dari pinjaman biasa.

Solusi kondisi ekonomi yang sulit

Bila saat ini Anda tengah mengalami kesulitan finansial akibat penghasilan yang berkurang, mengalami kerugian bisnis atau hal lainnya, take over KPR bisa menjadi solusi. Tentu saja saat kondisi keuangan tak stabil Anda akan kesulitan membayar cicilan KPR.

Nah, dengan take over KPR bank akan memperbarui KPR lama Anda sehingga masa angsuran pun akan dimulai dari bulan pertama lagi. Keuntungan juga bisa menyesuaikan besarnya angsuran per bulan sehingga banyaknya jumlah uang yang perlu disetorkan bisa disesuaikan dengan penghasilan yang ada. (Baca juga: 1 April Premi Naik! Ajukan Asuransi Mobil Sekarang)

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section