1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

3 Alasan Punya Hobi Bisa Bikin Tebal Isi Dompet Anda

Orang yang memiliki hobi cenderung beruntung karena ternyata hobi bisa membantu finansial Anda.

By Dwifantya Aquina 16 Maret 2017 08:46
Hobi bisa bikin kamu kaya raya, nggak percaya? (Playbuzz)

Money.id - Memiliki hobi itu positif. Sebab, hobi punya banyak manfaat seperti menghilanghkan stres dan kebosanan. Tidak hanya orang biasa, para tokoh dan orang-orang paling sukses di dunia memiliki hobi yang mereka lakukan sejak masih muda.

Tapi, tahukah Anda bila hobi ternyata sangat bermanfaat bagi keuangan seseorang. Orang yang memiliki hobi cenderung beruntung karena hobi bisa membantu finansial Anda. Berikut ini 3 alasan yang dikutip dari CekAja.com.

Hobi bermanfaat untuk karier

Saat mengejar karier banyak orang melupakan hobi. Alasannya, mereka takut hobi menyita waktu dan mengganggu karier. Padahal, faktanya justru sebaliknya. Bila dilakukan dengan tepat, hobi justru bisa bermanfaat untuk karier. Contohnya adalah CEO Yahoo, Marissa Mayer. Perempuan ini memiliki hobi memasak dan mengakui hobinya tersebut membantunya bekerja lebih baik di kantor. Memasak juga membuat Marissa memunculkan cara baru dan inovatif dalam melihat sesuatu.

Hobi bisa jadi sumber penghasilan

Anda bisa kaya bila serius dengan hobi Anda. Maksudnya, jangan hanya menjalani hobi Anda untuk kesenangan. Bikin hobi Anda sebagai sumber penghasilan. Kalau serius, Anda bahkan bisa meraih miliaran rupiah dari bermain game. Contohnya umail Hassan, pemuda asal Pakistan yang berhasil jadi miliarder dari hobinya. Pemuda yang mulai jadi gamers profesional di usia 15 tahun ini mampu menang di 3 turnamen internasional dan mengantongi kekayaan sekitar Rp21,8 miliar.

Pandai mengelola keuangan

Hobi bisa bikin Anda pandai mengelola keuangan. Contohnya bila Anda hobi belanja, maka Anda akan memaksa diri untuk putar otak demi menjaga kelangsungan hobi Anda tersebut. Misalnya, setelah menerima gaji dan menyisihkan untuk kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan, menabung, dan investasi, buat anggaran untuk shopping. Jadi menabung dulu baru belanja. Dengan demikian Anda tidak akan kehabisan uang saat akhir bulan atau merasa bersalah setelah membeli baju baru.

Mungkin kamu yang membaca ini berpikir kalau tidak punya uang untuk anggaran shopping. Tapi coba pikir, kalau selama ini kamu sering ‘kalap’ karena belanja tanpa rencana, tandanya kamu memang punya uang.

Dengan punya anggaran, kamu tetap bisa shopping tanpa merasa bersalah. Sisihkan sesuai kebutuhanmu. Misalnya kalau gajimu Rp5 juta, sisihkan 10%-15% yang berarti Rp500 ribu-Rp750ribu. Dalam sebulan, kamu tidak boleh shopping lebih dari anggaran. Kalau ternayat ada yag ingin kamu beli dan uang shopping sudah habis, tunggu sampai gajian selanjutnya.

(Baca juga: Ini Prediksi Jumlah Orang Kaya di Indonesia Pada 2026)

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section