1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

4 Penyakit Ini Sering Meneror di Musim Hujan, Asuransi Sudah Siap?

Anda harus memastikan asuransi kesehatan Anda mengcover sejumlah penyakit yang sering muncul di musim hujan.

By Dwifantya Aquina 14 Maret 2017 09:08
Ilustrasi sakit (denniscalaghan.co.uk)

Money.id - Di saat musim hujan, ada beberapa hal yang menjadi ancaman. Pertama, bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Kedua, munculnya penyakit yang bisa membahayakan kesehatan. Bukan bermaksud menakuti Anda, beberapa penyakit memang sering meneror justru di saat puncak musim hujan berlangsung.

Untuk itu Anda harus memastikan asuransi kesehatan Anda mengcover sejumlah penyakit yang sering muncul di musim hujan. Tapi, penyakit apa saja sih yang sering menjadi gangguan di musim hujan?

Demam berdarah

Di saat musim hujan, penyakit yang paling sering menjadi masalah adalah demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh gigitam nyamuk aides aigepty, yang biasanya berkembang biak di tempat-tempat di mana air hujan menggenang.

Nah, asal Anda tahu saja, biaya pengobatan penyakit demam berdarah tidak murah. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mengecek manfaat asuransi kesehatan milik Anda dan memastikan mendapat perlindungan atas penyakit satu ini.  (Baca juga: 7 Tempat Makan Enak dan Murah di Yogyakarta yang Bikin Hemat Bujet Liburan)

Infeksi Saluran Pernapasan

ISPA seringkali menyerang anak-anak, khususnya di masa musim hujan seperti sekarang. Alasannya, saat musim hujan virus dan bakteri lebih mudah menyebar serta berkembang di saluran pernapasan seperti sinus, saluran udara bahkan paru-paru. Virus dan bakteri yang hinggap di salah satu saluran pernapasan ini nantinya akan menyebar ke seluruh saluran pernapasan hingga menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Penyakit ini bahkan bisa menyebabkan kematian.

Tifus

Tifus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang muncul saat musim hujan. Tifus ditimbulkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Apabila Anda terserang tifus, gejalanya adalah demam, sakit kepala, kelelahan dan sebagainya. Pastikan layanan jasa asuransi kesehatan yang kamu pilih mengcover penyakit tifus, karena selain biaya perawatan yang bisa cukup mahal, apabila ditangani dengan lambat tifus bisa merenggut nyawa.

Penyakit Kulit

Kelihatannya hal sepele jika kita berbicara tentang penyakit kulit. Namun, hal itu tidak lagi sepele ketika musim hujan dan banjir menghantam daerahmu. Karena penyakit kulit bisa akan sangat mengkhawatirkan dan membuat dirimu keluar uang banyak dalam melakukan pengobatan. Penyakit kulit yang biasanya muncul pada saat musim hujan dan banjir adalah herpes simpleks, kutu air, dan jamur.

Lepstopirosis

Penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Lepstospira sp. ini merupakan salah satu penyakit yang paling rawan pada saat musim hujan dan banjir. Penyakit ini biasanya ditularkan lewat kencing tikus yang biasanya terbawa banjir dan kemudian masuk ke tubuh manusia melalui permukaan kulit yang terluka, mata, dan hidung. Kalau Anda terkena penyakit berbahahaya satu ini, gejalanya adalah sakit kepala hingga depresi. (Baca juga: Bahan Makanan yang Mampu Bertahan dalam Waktu Lama)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section