1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Begini Cara Agar Hidup Anda Lebih Bahagia

Banyak orang yang menyamaratakan bahwa bahagia sama dengan banyak uang.

By Dwifantya Aquina 18 Maret 2017 08:33
Ternyata bahagia itu bukan hanya karena punya banyak uang (glamour.com)

Money.id - Semua orang tentu ingin hidup dengan bahagia. Tapi, banyak orang yang menyamaratakan bahwa bahagia sama dengan banyak uang. Anggapan tersebut sepenuhnya salah karena banyak orang kaya di luar sana yang hidupnya tidak bahagia.

Jadi, kunci agar bisa hidup bahagia itu apa? Berikut ini 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan dalam hidup. Simak hingga tuntas ya.

Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang sia-sia. Alasannya, kita akan selalu merasa orang lain memiliki hidup yang lebih menarik dan lebih mudah dibandingkan kita. Mengapa? Karena kita tidak menjalani hidup orang yang kita inginkan tersebut.

Kita hanya melihat hidupnya dari kejauhan tanpa tahu apa saja yang sudah dia lakukan dan dia korbankan untuk mendapatkan kehidupan seperti yang dijalaninya saat ini. Dibanding terus membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik berusaha untuk memperbaiki hidup sendiri dengan berjuang melakukan hal yang kita bisa.

(Baca juga: Ini Resepnya Kalau Kamu Mau Gagal dalam Karier)

Ikut kegiatan sosial

Selain bisa membantu orang lain, mengikuti kegiatan sosial dapat meningkatkan rasa percaya diri, mengembangkan keahlian baru dan membuat Anda lebih bersyukur dengan hidup yang saat ini dijalani. Bila dilakukan secara rutin, niscaya Anda akan jadi manusia yang jauh lebih bahagia dibandingkan sebelumnya.

Cari penghasilan tambahan

Alasan terbesar mengapa orang tidak bahagia adalah ekonomi. Bila Anda sering mengeluh karena memiliki gaji kecil meski sudah bekerja bertahun-tahun, sudah saat bagi Anda untuk meminta kenaikan gaji. Bila bos Anda tidak mengabulkan permohonan Anda, hanya ada dua hal yang harus Anda lakukan. Pertama, mencari pekerjaan baru dengan gaji yang lebih tinggi. Kedua, mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan maupun bisnis sampingan.

Rutin berolahraga

Bila selama ini Anda merasa tidak bahagia, jangan-jangan hal itu disebabkan oleh kondisi kesehatan Anda yang menurun. Bila masalahnya seperti itu, sudah pasti solusinya adalah mulai menjalani gaya hidup sehat. Selain mengontrol makanan, Anda juga harus berolahraga secara teratur. Dengan rutin berolahraga, tubuh dan pikiran Anda bisa jauh lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

Kurangi mengeluh

Mengeluh adalah akar masalah. Sekali dua kali tidak masalah, tapi jika berulang kali untuk hal yang sama, Anda sudah membuang-buang waktu. Karena kebanyakan mengeluh, Anda sebenarnya melewatkan kesempatan untuk mendapatkan solusi atas masalah yang dialami. Jika Anda berhenti mengeluh, tingkat kebahagiaan pasti akan meningkat drastis.  (Baca juga: 4 Cara Pembayaran yang Bisa Bikin Boros Kalau Tidak Hati-hati)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section