1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

4 Hal Soal Uang yang Picu Pertengkaran Rumah Tangga

Ada masalah keuangan yang sering diasosiasikan sebagai selingkuh.

By Stella Maris 4 Maret 2017 09:18
Ilustrasi cincin pernikahan (pixabay)

Money.id - Bertengkar sebenarnya merupakan hal yang wajar dalam hubungan. Tapi bagaimana jadinya, bila pertengkaran menjadi hal yang rutin, apalagi topik yang dipermasalahkan seputar finansial.

Dikutip laman CekAja, Anda wajib tahu hal apa saja terkait finansial yang dapat memengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga.

1. Keuangan Jangka Panjang
Kesalahan pertama yang bisa mengacaukan pernikahan adalah tak melakukan perencanaan keuangan jangka panjang. Contohnya, Anda tak mempersiapkan biaya kuliah anak dan dana pensiun.

Selain itu, tidak melindungi diri dan keluarga dengan asuransi dapat memunculkan masalah di kemudian hari. Meski masalah itu tak langsung membuat pernikahan berakhir, namun keuangan yang berantakan dalam jangka panjang, dapat membuat biduk rumah tangga Anda tergoncang.

(Baca juga: PMS Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Ini)

2. Sembunyikan Uang
Ini adalah masalah yang sering diasosiasikan sebagai selingkuh. Alasannya karena menyembunyikan sesuatu yang bersifat pribadi dengan pasangan. Tapi tahukah Anda, hampir separuh dari populasi wanita menyimpan rahasia satu ini dari suaminya?

Fakta ini disampaikan Self.com dan Today.com yang melakukan penelitian pada 2012 di mana 56 persen wanita dan 37 persen pria mengaku berbohong satu sama lain soal uang. Lantas apa saja yang masuk dalam kategori menyembunyikan uang dari pasangan?

Pertama memiliki rekening lain tanpa sepengetahuan pasangan, menyembunyikan pembelian, bahkan menyembunyikan utang. Asal tahu saja, tindakan menyembunyikan uang adalah sinyal masalah. Sangat mungkin hubungan Anda berdua tergoncang oleh hal ini bila tidak ditangani sejak dini.

3. Malas Mengingatkan
Jangan lupa untuk mengingatkan pasangan dan berikan teguran keras, bila diharuskan. Tidak salah bagi Anda memberikan 'hukuman' pada pasangan yang lalai. Contohnya, ketika sedang berhemat biaya listrik namun pasangan sering sekali lupa mematikan lampu saat ke luar rumah. Bila hal tersebut terjadi berulang meski sudah membuat rencana keuangan bersama, Anda berhak untuk menegur pasangan.

4. Gaji Habis
Wanita pada umumnya lebih peduli dengan momen spesial, seperti tanggal anniversary, ulang tahun, dan lain sebagainya. Tak jarang, wanita akan memikirkan dan menyediakan hadiah dari jauh-jauh hari.

Uang untuk membeli hadiah pun sudah dianggarkan, berbeda dengan pria yang cenderung cuek. Sikap cuek ini menjadi bencana ketika gaji bulanan sudah habis dipakai bayar cicilan.

Jangankan mengajak dinner romantis, untuk membeli hadiah sederhana saja tidak mampu. Nah buat para pria, jangan heran kalau pasangan Anda tiba-tiba ngambek tanpa sebab. Mungkin dia membayangkan sesuatu yang romantis dari Anda.

(Baca juga: Jangan Terlalu 'Pede' Ajukan KPR Sebelum Jawab Pertanyaan Ini)

 

BACA JUGA

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section