1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

Pemerintah Resmikan 5 Aplikasi untuk Petani

Pemerintah mendorong Gerakan Nasional "Petani dan UMKM Indonesia Go Digital" .

By Adhi 13 April 2016 18:46
Menkominfo Rudiantara (kominfo.id)

Money.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meyakini problematika petani yang dapat terselesaikan dengan penggunaan teknologi selular. Menurut Menteri Rudiantara, kemajuan harus dimiliki dan dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk petani.

Oleh karenanya, pihak pemerintah akan mendorong Gerakan Nasional "Petani dan UMKM Indonesia Go Digital" mulai tahun ini.

Salah satu suaha yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan meluncurkan lima aplikasi khusus untuk petani.

"Ada lima aplikasi yang diperkenalkan pada kegiatan hari ini: petani, tanihub, lima kilo dan pantau harga. Selain itu satu ekosistem UMKM online Indonesia bernama Nurnaya Initiative juga diperkenalkan," ucap Rudiantara seperti dikutip dari laman Kominfo.go.id.

Berikut penjelasan kelima aplikasi petani tersebut:

Petani

Petani merupakan aplikasi besutan Fakultas Pertanian UGM. Aplikasi ini berisi layanan informasi terkait solusi permasalahan pertanian di seluruh Indonesia. Aplikasi yang dibuat khusus untuk para petani ini tidak menarik biaya sepersen pun. Bahkan, setiap informasi yang disampaikan petani akan dijawab oleh pakar dalam tempo 1×24 jam.

TaniHub

Sebuah aplikasi yang hadir pada sekitaran bulan Januari 2016 ini bisa dikatakan cukup memberikan manfaat bagi para petani. Pasalnya dalam aplikasi ini terdapat informasi mengenai distribusi hasil pertanian dan perkebunan dari daerah ke kota. Nantinya pun para petani dapat langsung menemukan orang yang berminat terhadap hasil panen segar.

LimaKilo

Code4Nation menghadirkan sebuah aplikasi bernama LimaKilo. Aplikasi tersebut sesuai dengan tujuan komunitas tersebut yaitu membantu petani Indonesia menjual komoditinya dengan lebih baik. Aplikasi LimaKilo ini memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke konsumen dengan harga kompetitif.

Pantau Harga

Pantau Harga merupakan aplikasi yang hadir di penghujung tahun 2015. Aplikasi ini diperuntukkan memantau harga komoditas pertanian dan daging. Sehingga menjadikan aplikasi ini tempat untuk tawar menawar, dan melakukan jual beli antara penyedia bahan baku dengan petani. Pantau Harga sendiri sudah tersedia di iOS dan Android.

Nurbaya Initiatives

Nurbaya Initiatives merupakan layanan yang disediakan bagi pelaku ekonomi rakyat baik petani maupun UKM untuk dapat membuat platform penjualan hasil-hasilnya.

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section