1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

Menkominfo: Petani Wajib 'Go Digital'

Dukungan aplikasi smartphone bisa mendongkrak keuntungan petani hingga 11 persen.

By Adhi 11 April 2016 14:31
Menkominfo Rudiantara (Kominfo.go.id)

Money.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan bahwa banyak problematika petani yang dapat terselesaikan dengan penggunaan teknologi selular.

"Pemerintah sangat ingin memajukan petani Indonesia dan aplikasi-aplikasi karya anak bangsa ini dibuat khusus untuk meningkatkan produktivitas para petani," kata Rudiantara di Brebes, Jawa Tengah dalam Pencanangan Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat, Senin 11 April 2016.

Menurut Menteri Rudiantara, kemajuan harus dimiliki dan dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk petani. Oleh karenanya, pihak pemerintah akan mendorong Gerakan Nasional "Petani dan UMKM Indonesia Go Digital" mulai tahun ini.

"Ada lima aplikasi yang diperkenalkan pada kegiatan hari ini: petani, tanihub, lima kilo dan pantau harga. Selain itu satu ekosistem UMKM online Indonesia bernama Nurnaya Initiative juga diperkenalkan," ucap Rudiantara seperti dikutip dari laman Kominfo.go.id.

Tingkatkan pendapatan sebesar 11 persen

Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat hari ini akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo di di Sub Terminal Agribisnis (STA) Desa Larangan, Brebres, Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini beberapa program berbasis teknologi selular aplikasi khusus untuk petani diperkenalkan kepada publik oleh pihak Kemkominfo.

Sebuah perusahaan konsulting dunia telah menyimpulkan dari studi di 26 negara di luar Eropa bahwa teknologi selular dapat meningkatkan pendapatan petani sebesar 11 persen.

Potensi ini membuat gebrakan teknologi di dunia pertanian sangat dibutuhkan mengingat penurunan kontribusi sektor pertanian sudah masuk ke angka trilliun rupiah dalam kurun waktu 10 tahun.

Fakta yang ditunjukkan oleh data BPS di tahun 2003 dan 2013, bahwa Indonesia telah kehilangan 5 juta petani dalam kurun waktu 10 tahun. Dan itu menjadi fondasi peluncuran aplikasi-aplikasi karya anak bangsa ini. (poy)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section