1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Ini Bukti iPhone Cuma untuk Orang Kaya

Apple menyarankan para penggunanya mengganti iPhone baru tiga tahun sekali.

By Adhi 4 Mei 2016 12:10
iPhone SE (theverge.com)

Money.id - Jika Anda bertanya, berapa lama usia wajar pemakaian iPhone, iPad, dan Apple Watch, jawabannya adalah hanya tiga tahun.

Ya, hanya tiga tahun saja idealnya jajaran perangkat mobile besutan Apple itu digunakan. Anjuran ini diberikan langsung oleh pihak Apple lewat laman FAQ resminya, tepatnya perihal kampanye kelestarian lingkungan hidup.

"Tahun penggunaan, berdasarkan pemilik pertama, diasumsikan selama empat tahun untuk perangkat MacOS dan tvOS, serta tiga tahun untuk perangkat iOS (iPhone dan iPad) dan WatchOS (Apple Watch)," tulis Apple di laman resminya.

Ini artinya, jika Anda membeli sebuah produk iPhone 6 atau iPhone 6s yang dibanderol seharga Rp9-11 jutaan, Anda disarankan untuk menggantinya dengan iPhone terbaru dalam waktu tiga tahun lagi yang harganya kemungkinan tak jauh berbeda. iPhone lawas Anda setelah tiga tahun disarankan Apple untuk di-recycle demi kebaikan lingkungan.

Dan seperti yang telah diduga, anjuran tersebut tentu saja bisa menguras kantong konsumen dan mendorong pola konsumtif. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengikuti anjuran Apple terkait waktu ideal penggunaan iPhone, maka Anda wajib menjadi orang kaya.

Hal berbeda tentunya akan dialami para pengguna Android. Selain memiliki rentang harga yang beragam, sebuah smartphone berbasis Android memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan update sistem operasi pada periode yang lebih lama dibanding dengan iPhone.

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section