1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS

4 Hal Penting dalam Bisnis di Era Digital yang Pantang Dilewatkan

Sebagai pebisnis pemula, tentu Anda tidak ingin bisnis Anda tak berkembang.

By Dwifantya Aquina 23 Maret 2017 08:26
Ilustrasi bisnis online (indianexpress.com)

Money.id - Mau mulai berbisnis? Bila Anda masih menggunakan cara-cara lama dan tidak mengikuti perkembangan zaman, bisa dipastikan bahwa umur bisnis Anda tidak akan bertahan lama. Lihat saja betapa semua jenis operasi digital menyapu ceruk pasar bisnis offline. Mereka yang tidak beradaptasi mengalami kerugian besar.

Bahkan, tidak sedikit yang sekarat dan mati secara perlahan. Sebagai pebisnis pemula, tentu Anda tidak ingin bisnis Anda mengalami hal yang sama bukan. Oleh karena itu, 4 hal penting ini tidak boleh dilewatkan bila Anda ingin berbisnis di era digital seperti sekarang.

Digital marketing

Apa itu digital marketing? Intinya, digital marketing adalah upaya untuk mempromosikan dan menjual sebuah merek menggunakan media digital. Jadi, cara marketing ini tidak lagi menggunakan media-media konvensional seperti surat kabar, baliho, spanduk atau selebaran. Digital marketing menggunakan media kekinian seperti news portal, blog, website dan sosial media. Jangkauan yang diperoleh dari teknik digital marketing juga lebih luas.

Maklum saja, saat ini sebagian orang Indonesia sudah melek internet dan aktif mengakses media sosial. Bila Anda ingin menggunakan strategi digital marketing, sekarang banyak sekali blog dan website yang mengulas mengenai fenomena anyar di dunia marketing ini. Anda bisa timba ilmunya secara gratis. Ingin lebih intens? Anda bisa ikuti pelatian, kursus atau bahkan mempekerjakan ahli digital marketing untuk memasarkan produk bisnis Anda.

(Baca juga: Berapa Gaji Minimal untuk Beli Rumah di DKI Jakarta?)

Kelengkapan barang

Apa yang membuat sebuah toko online tertentu punya banyak pelanggan, sementara ada toko online lain berjuang untuk mendapatkan pelanggan? Bila Anda lakukan survei kecil-kecilan, jawabannya adalah kelengkapan barang.

Sama seperti toko offline tradisional dan supermarket di mana orang lebih suka berbelanja di supermarket lantaran kelengkapan barang-barangnya. Oleh karena itu, upayakan agar produk yang Anda tawarkan lengkap dan memudahkan orang untuk belanja.

Sumber daya manusia

Tenaga kerja yang baik pasti memberi keuntungan pada perusahaannya. Setiap perusahaan yang baik pasti akan membayar dengan layak asal mendapatkan pekerja yang berkualitas. Jangan berpikir bahwa pekerja yang dibayar murah akan menguntungkan perusahaan karena ongkos produksi bisa ditekan.

Bisa bisa kualitas layanan dan produksi usaha Anda tidak akan mampu bersaing. Jangan pelit membayar upah karyawan. Cobalah menaikkan gaji secara berkala, memberikan bonus dan keuntungan lain agar karyawan semangat bekerja.

Kualitas produk

Bila Anda memiliki sejumlah modal, alokasi yang utama tentu diarahkan untuk produksi. Sebab, dengan produk yang berkualitas maka nilai jual usaha kita akan meningkat. Dengan produk yang berkualitas, marketing dan sales juga akan mudah dalam menjual produk.

Sebab, sebaik apapun sumber daya manusia, teknologi dan tenaga pemasar yang kita miliki, akan sulit rasanya mencapai hasil maksimal bila produk yang kita tawarkan tidak mampu bersaing dengan kompetitor. (Baca juga: 5 Alasan KPR ditolak dan Cara Mengatasinya)

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section