1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Begini Cara Pilih Provider Internet Unggulan yang Tepat

Di zaman yang serba cepat, koneksi internet merupakan hal yang mutlak harus selalu ada.

By Dwifantya Aquina 23 Desember 2016 08:17
Ilustrasi memilih provider internet (whydev.org)

Money.id - Banyaknya provider internet saat ini, mungkin membuat Anda semakin bingung untuk memilih mana yang paling cocok sesuai kebutuhan. Harga, kecepatan, dan benefit yang didapat, menjadi alat promosi yang sering ditawarkan. Kami berikan tips untuk mengobati kebingungan Anda tersebut.

Semua akan setuju, bicara tentang internet, Anda akan segera memikirkan provider mana yang produknya paling unggul. Unggul di sini tentunya dalam arti berkecepatan tinggi dan berbiaya murah. Namun, hati-hati! Jangan sampai salah memilih internet provider! Jika salah, bisa-bisa Anda rugi besar nantinya.

Di zaman yang serba cepat, koneksi internet merupakan hal yang mutlak harus selalu ada. Misalnya, jika Anda berdagang secara online, mau tidak mau segala bentuk media sosial harus aktif agar bisa ditanggapi secara cepat. Lalu, jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda berhubungan dengan bos Anda dari jarak yang cukup jauh, Anda juga harus terus mengawasi notifikasi dari surel juga messenger. Apalagi jika bidang yang Anda tekuni adalah teknologi informasi, tentu internet sudah jadi makanan sehari-hari.

Bagaimana caranya menentukan provider yang paling tepat guna? Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan seperti dikutip CekAja.com:

Kenali Lingkungan

Anda perlu melakukan survei kecil-kecilan di sekitar rumah Anda. Tanyakan pada tetangga di sekitar Anda, provider apa yang ia gunakan dan seberapa besar kecepatannya. Jangan lupa tanyakan paket yang ia gunakan sehari-hari. Jangan tanyakan kepada satu orang saja, tanyakan pada beberapa orang sekaligus. Dengan begitu, Anda dapat memetakan provider apa saja yang memiliki jaringan paling baik di sekitar rumah Anda. Jaringan yang baik memberikan kontribusi besar terhadap kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang nantinya akan Anda gunakan.

Kenali Kebutuhan

Jika Anda suka mengunduh melalui internet, ada baiknya Anda menggunakan provider yang memberikan bonus kuota di malam hari. Jika Anda hanya butuh menggunakan sosial media saja, gunakan paket internet tanpa batas karena meskipun kecepatannya tidak terlalu besar namun bisa konstan digunakan hingga akhir masa paket. Jika Anda sering menggunakan fasilitas wifi di luar rumah, di kantor misalnya, maka Anda bisa menggunakan paket internet berkuota kecil di rumah Anda. Anda perlu memastikan kebutuhan internet ini karena nantinya akan behubungan langsung dengan kocek Anda.

Kenali Harga

Setelah Anda mengetahui kebutuhan Anda, juga mengetahui provider apa saja yang cocok digunakan di lingkungan Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui harganya. Bisa saja Paket Tanpa Batas milik Provider A lebih murah dari Paket Tanpa Batas milik Provider B. Lakukan pengecekan silang antar-paket dan antar-provider, sehingga Anda bisa menemukan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kenali Modem

Tidak hanya berhenti sampai mengetahui harga, Anda masih harus memiliki modem. Pilihlah modem yang awet dan dikenal tidak gampang panas. Modem yang baik bisa menunjang kecepatan internet Anda. Jika masih bingung, Anda bisa menanyakan langsung di konter-konter yang menyediakan modem. Kalau mau lebih mudah, Anda bisa membeli modem yang sudah sepaket dengan kartu sim dari provider pilihan Anda.

Jika modem tidak sepaket dengan kartu sim, Anda bisa minta rujukan dari penjual kartu sim tersebut tentang modem yang paling sesuai. Anda bisa juga menggunakan ponsel pintar yang memiliki fasilitas tethering. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk menggunakan internet dari ponsel Anda dalam bentuk wifi portabel.

Walau ini menghemat banyak uang karena tidak perlu membeli modem khusus, cara ini tidak begitu dianjurkan karena tethering memakan banyak tenaga dari ponsel pintar Anda. Selain itu, tethering menyebabkan ponsel Anda cepat panas dan kecepatannya juga terbatas. Jadi ada baiknya jika Anda berinvestasi dengan cara membeli modem. 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section