1. HOME
  2. DIGITAL
CEK AJA

Ini 5 Model Bisnis yang Laku di Era Internet

Ingin serius menekuni bisnis online? Baca dulu artikel ini.

By Dwifantya Aquina 11 Februari 2017 09:33
Bekerja di era internet (pexels.com)

Money.id - Banyak orang mengira menghasilkan uang melalui bisnis online di era internet itu rumit. Padahal, kenyataannya tidak sesulit yang dibayangkan. Namun, untuk bisa sukses Anda harus benar-benar menguasai aturan mainnya.

Sebagai pengetahuan bagi Anda yang ingin menekuni bisnis online, berikut ini sejumlah model bisnis yang bisa Anda pilih seperti dikutip CekAja.com.

Iklan

Ini merupakan salah satu model bisnis yang telah lama berjaya di dunia maya. Bahkan bisnis online booming seperti saat ini, publisher iklan sudah lebih dulu menjadi tren. Salah satu yang paling digemari hingga sekarang adalah Google Adsense.

Skemanya adalah Anda menampilkan iklan di situs yang Anda kelola. Setiap kali pengunjung situs melakukan klik pada iklan tersebuit, maka Anda akan mendapatkan komisi.

(Baca juga: Besarnya Hadiah yang Bikin Juara Kompetisi Tingkat Dunia Ini Kaya Mendadak)

Affiliate Marketing

Bisnis ini dulu pernah naik daun. Kemudian, sempat tak lagi populer. Akan tetapi, beberapa waktu terakhir affiliate marketing atau bisnis afiliasi kembali diminati. Apalagi beberapa perusahaan di Indonesia mulai melirik cara ini untuk memperoleh konversi lebih besar.

Model ini memang butuh lebih banyak upaya dibandin hanya sekadar menampilkan iklan. Sistem afiliasi mengharuskan pengunjung melakukan tindakan seperti memasukkan alamat email, berlangganan atau melakukan transaksi.

Berjualan jasa atau produk

Sama halnya dengan bisnis offline, di dunia maya kamu bisa menjual produk ataupun jasa. Konsepnya sama dengan offline, yang membedakan adalah sarana untuk berpromosi yang tentunya serba online. Contohnya, Anda punya skill menulis, mengapa tak menjual jasa yang berkaitan dengan keahlian Anda tersebut. Anda bisa mempromosikan diri melalui forum ataupun blog. Anda yang suka memasak sekalipun dapat memasarkan hasil masakan melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Start-up berbasis online

Start-up merupakan bisnis yang dijalankan dengan metode baru dan perusahaan tersebut masih sangat baru. Contohnya saja layanan pemesanan transportasi online seperti Go-Jek, ada pula layanan pemesanan tiket dan sebagainya. Untuk menjalankan model bisnis ini diperlukan keahlian yang kompleks di bidang teknologi. Tidak hanya itu, Anda juga harus memiliki kemampuan berbisnis serta modal yang cukup untuk membesarkannya.

Jadi influencer di Internet

Kalau Anda bisa mengapa tak ‘jual diri’ saja di Internet? Maksudnya menjadi influencer di Internet. Istilah sederhananya adalah jadi artis sosmed. Jangan sepele lho, saat ini tidak sedikit yang sukses secara finansial hanya karena menjadi influencer sosial media.

Beberapa di antaranya adalah para blogger, Youtuber ataupun selebgram dan selebtwit. Mereka menghasilkan uang dari kerjasama dengan para brand, melalui tulisan ataupun video dan foto yang mereka posting di media yang mereka kelola.

(Baca juga: Cara Ini Bikin Anakmu Sukses di Masa Depan)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section