1. HOME
  2. V-MONEY
TIPS KEUANGAN

Tertarik Berinvestasi Properti? Ini Dia Tipsnya

Sebaiknya Anda jangan cepat tergiur dengan investasi ini karena ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum berinvestasi properti.

By Febriyani 12 Mei 2016 09:15
Candra Chahyadi, Profesor Keuangan di Eastern Illinois University, Amerika Serikat (youtube.com/Beruang Cerdas)

Money.id - Saat ini sudah banyak orang yang memutuskan berinvestasi properti, mengingat harga properti yang selalu naik setiap tahunnya. Namun, menurut Candra Chahyadi, seorang profesor keuangan dari Beruang Cerdas, sebaiknya Anda jangan cepat tergiur dengan investasi ini karena ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum berinvestasi properti.

"Beli hari ini karena besok harga pasti naik," kata Candra Chahyadi. Itulah bunyi iklan yang sering dipakai pengembang properti zaman sekarang. Namun menurut Candra ternyata iklan itu hanya trik marketing saja. Karena harga properti bisa naik, bisa tetap bahkan juga bisa turun.

Meskipun investasi properti terbilang aman, namun tetap memiliki banyak risiko. Bahkan peraturan pemerintah yang dibuat untuk membatasi risiko sudah banyak disiasati oleh pengembang, dengan cara pembayaran yang beraneka ragam.

Untuk mengurangi risiko dalam berinvestasi properti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

1. Apakah Anda mengerti konsep yang ditawarkan oleh pengembang.

2. Apakah lokasi properti yang ditawarkan berada di lokasi baru atau di lokasi yang sudah lama ada.

3. Siapa pengembangnya? Apakah pengembang lama atau baru? Pengembang lama memang memiliki pengalaman dan reputasi, namun bukan berarti pengembang baru tidak memiliki prospek cerah.

4. Dunia properti memiliki banyak musim, jadi Anda harus memahami musim yang baik agar Anda bisa mendapatkan harga yang terbaik pada waktu yang terbaik.

5. Cerdas dalam membeli. Apakah Anda memahami kondisi keuangan Anda saat ini? Anda akan memutuskan membayar tunai atau KPR.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section