1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Awal Bulan Kantong Menipis? Ini Cara Psikologis Biar Nggak Boros

Berhemat dan menabung, dua hal yang mungkin saja baik untuk kelangsungan keuangan Anda ke depannya. Namun...

By Dian Rosalina 10 Mei 2016 14:06
Ilustrasi Gajian (dailyfinance.com)

Money.id - Rata-rata orang akan memanfaatkan momen gajian untuk membeli semua keperluan atau barang-barang yang ingin dibeli. Tentu saja hal tersebut buruk karena baru awal bulan saja kantong Anda sudah mulai menipis.

Berhemat dan menabung, dua hal yang mungkin saja baik untuk kelangsungan keuangan Anda kedepannya. Namun keinginan untuk memuaskan hasrat mengeluarkan uang tentu saja masih besar.

Dikutip dari Genius Beauty, Selasa 10 Mei 2016, ternyata ada beberapa trik psikologis yang bisa menekan keinginan Anda untuk menghabiskan lebih banyak lagi. Berikut ulasannya.

1. Aturan 10 Detik

Setiap kali Anda berada di toko di pusat perbelanjaan, sebelum membeli sesuatu, coba Anda diam dan berpikir sejenak selama 10 detik. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah hal ini diperlukan atau tidak.

Kemudian apakah Anda akan menghabiskan uang untuk sesuatu yang remeh ataukah Anda akan menghabiskannya untuk sesuatu yang lebih penting. Setelah Anda berpikir seperti itu, Anda pasti akan mengembalikan barang tersebut ketempatnya, dan tabungan pun aman.

2. Tes Orang Asing

Trik yang lebih cepat dan mudah adalah dengan membayangkan orang asing di depan Anda, ia memegang barang di tangan yang satunya, dan uang di tangan sebelahnya. Lalu, apa yang akan Anda pilih?

Jika Anda memilih uang, Anda tidak perlu barang-barnag itu, lebih baik tidak membelinya, bukan?

3. Gunakan Uang Tunai

Kartu kredit memang mempermudah Anda dalam segala urusan yang berhubungan dengan pembelian. Namun di akhir bulan nanti, Anda akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membayar tagihannya.

Sebuah studi melaporkan bahwa orang yang menggunakan kartu kredit lebih mudah mengeluarkan uang daripada yang menggunakan uang tunai untuk mengontrol pengeluaran mereka.

Oleh karena itu, daripada membuang-buang uang Anda, lebih baik berbelanja dengan uang tunai. Itu akan melindungi diri Anda agar lebih berhemat untuk masa depan.

4. Bungkus Kartu ATM dengan Plastik

Mungkin ini terlihat tidak meyakinkan untuk berhasil, namun membungkus kartu ATM dengan plastik akan mencegah Anda pergi ke mesin ATM untuk mengambil uang. Plastik digunakan sebagai sebuah pengingat agar Anda tidak terus menerus mengambil uang.

Tulis di atas kertas tersebut dengan kata-kata motivasi yang membuat Anda mengurungkan niat untuk mengambil uang. Seperti 'tabungan ini adalah tabungan jangka panjang, dan bila mengambilnya saya akan miskin'.

5. Pajak Diri Sendiri

Anda bekerja, tentu saja membayar pajak. Bagaimana jika aturan pajak tersebut digunakan setiap bulan sebagai pengingat Anda untuk menabung. Misalnya menetapkan aturan 10 persen dari penghasilan harus disimpan sebagai dana cadangan.

Bila Anda terus menjalaninya bukannya tidak mungkin, jika biaya itu terkumpul Anda bisa menggunakannya sebagai tambahan uang saku Anda atau tabungan. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section