1. HOME
  2. V-MONEY
FOOD

Mengapa Madu Tidak Memiliki Masa Kedaluwarsa?

Jika Anda mencicipi madu yang disimpan dengan benar selama ribuan tahun, rasanya sama jika Anda mencicipi madu yang baru berumur beberapa hari.

By Febriyani 11 Februari 2016 16:30
Madu (youtube.com/geobeats)

Money.id - Pernahkah terpikirkan oleh Anda mengapa madu tidak memiliki masa kedaluwarsa? Ketika makam Raja Mesir kuno digali, arkeolog menemukan pot berisi madu yang berusia ribuan tahun, namun tetap bisa dimakan.

Madu mentah bisa bertahan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, selama wadahnya disegel. Jika Anda mencicipi madu yang telah disimpan dengan benar selama ribuan tahun, akan sama rasanya jika Anda mencicipi madu yang baru berumur beberapa hari.

Ada alasan mengapa madu tidak memiliki masa kedaluwarsa, salah satunya adalah karena mengandung tingkat keasaman tinggi yang mencegah pertumbuhan bakteri dan organisme lain.

Selama wadah madu disegel dan tidak ditambahkan dengan air, madu tidak akan berubah rasanya. Namun jika Anda sudah membuka wadah madu, mungkin saja madu akan berair.

Meskipun madu tidak memiliki masa kedaluwarsa, madu bisa mengkristal atau menggumpal, namun tetap aman bila dikonsumsi. Untuk membuat madu kembali cair, Anda memanaskannya di dalam microwave selama 20 detik.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section