1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Bedakan Opor, Kari, Gulai, dan Gule

Tapi walaupun serupa, opor tidak sama dengan kari, gule ataupun gulai.

By Dian Rosalina 7 Februari 2016 18:02
Opor Ayam (royco.co.id)

Money.id - Banyak sajian Indonesia yang menggunakan santan sebagai bahan utamanya, sebut saja opor, kari, gule dan gulai. Namun sekilas, sajian-sajian ini memang mirip satu sama lainnya.

Keempatnya merupakan sajian daging ayam, sapi, ataupun kambing yang tampil lezat dengan kuah santan yang gurih. Tapi walaupun serupa, opor tidak sama dengan kari, gule ataupun gulai. Apa perbedaan utama dari keempat sajian berkuah santan tersebut?

Dikutip dari Royco.co.id, Minggu 7 Februari 2016, pada dasarnya, semua sajian tersebut menggunakan bumbu utama yang kurang lebih sama. Seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, serai, dan daun jeruk.

Perbedaannya hanya terletak pada bahan tambahan yang membuat rasa dan warna kuah santan menjadi sedikit berbeda.

Opor misalnya, warna kuah yang putih biasanya menggunakan kemiri, sedangkan kari yang berwarna kuning biasanya menggunakan kunyit. Lalu selanjutnya, gulai yang berwarna merah menggunakan cabai. Sedangkan gule menggunakan santan encer.

Perbedaan lain yang terdapat pada keempat sajian tersebut adalah protein yang digunakan dalam sajian. Opor biasanya menggunakan ayam atau telur, sedangkan kari bisa menggunakan ayam, sapi, kambing, bahkan ikan.

Untuk sajian gulai lebih sering menggunakan bahan daging dan ikan, walau tidak tertutup kemungkinan Anda mengreasikannya dengan daging ayam. Gulai dan gule pun merupakan sajian yang berbeda satu sama lainnya, walaupun namanya sangat mirip.

Gulai adalah sajian khas Sumatera yang menggunakan banyak rempah seperti ketumbar, lengkuas, adas, dan jintan. Sedangkan gule adalah sajian khas Jawa yang menggunakan bumbu seperti kayu manis dan kapulaga. Gule juga menggunakan sedikit gula, sehingga rasanya sedikit manis bila dibandingkan gulai.

Mudah bukan membedakannya? (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section