1. HOME
  2. V-MONEY
INSPIRATORY BISNIS

Batik Tanah Liek, Warisan Budaya Khas Minangkabau

Batik tanah liek adalah batik khas Minangkabau, Sumatera Barat. Dikenal masyarakat Minang sejak abad ke-16 dan digunakan sebagai kain adat.

By Febriyani 16 Maret 2016 16:28
Batik tanah liek (youtube.com/PT Pertamina)

Money.id - Pertamina tidak sekedar menghasilkan energi, tetapi juga menjadi energi bagi Indonesia, seperti program kemitraan pengusaha kecil yang dibina Pertamina. Salah satunya adalah pembinaan bagi perajin batik tanah liek, Wirda Hanim.

Batik tanah liek artinya batik tanah liat. Batik ini berbeda dengan batik yang lain. Batik tanah liek diproduksi dengan cara merendam batik dalam tanah liat lebih dari satu hari.

Pewarnanya pun berasal dari tumbuhan seperti getah gambir untuk warna merah atau getah kulit jengkol untuk warna hitam. Wirda membutuhkan waktu 10 tahun untuk melestarikan batik tanah liek ini.

Batik tanah liek adalah batik khas Minangkabau, Sumatera Barat. Dikenal masyarakat Minang sejak abad ke-16 dan digunakan sebagai kain adat. Proses pembuatan sehelai batik tanah liek tulis memakan waktu sekitar 2 bulan. Harga warisan budaya dari ranah Minang ini mencapai Rp3 juta sehelainya.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section