1. HOME
  2. OTOTALK
FINANCE

Biaya yang Tak Boleh Dilupakan Saat Kredit Mobil Disetujui

Jangan sampai Anda melupakan hal-hal berikut, karena ke depannya bisa berdampak buruk.

By Dwifantya Aquina 7 Mei 2017 09:44
Pameran mobil (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Saat Anda berhasil mendapatkan persetujuan kredit mobil pertama pasti rasanya senang sekali. Setelah sekian lama menunggu untuk memiliki kendaraan roda empat, hari yang dinantikan itu akhirnya datang juga.

Namun, jangan terlalu larut dengan kebahagiaan karena perjuangan Anda ke depan justru semakin sulit. Khususnya mempersiapkan keuangan Anda agar siap dengan segala biaya yang menyertai mobil baru Anda tersebut. Agar semakin siap, yuk ketahui 4 biaya yang harus Anda persiapkan berikut ini seperti dikutip CekAja.com.

Cicilan kredit

Karena Anda membeli kendaraan secara kredit, tentu saja Anda harus membayar cicilan tersebut setiap bulan. Bila tidak, mobil baru Anda bisa ditarik oleh leasing. Jika tenor yang Anda pilih cukup panjang yakni lebih dari dua tahun cicilannya memang lebih ringan. Tapi, jangan lengah dengan nominal yang kecil karena penghasilan Anda akan berkurang secara tetap selama beberapa tahun.

Konsekuensinya ada dua. Pertama, Anda harus siap mengurangi alokasi belanja selama bertahun tahun. Kedua, jika tidak ingin alokasi bujet konsumsi berkurang Anda harus mencari penghasilan tambahan. (Baca juga: Bukan Murni Urusan Bisnis Tapi Bisa Bikin Pengusaha Bangkrut)

Kenaikan harga BBM

Bagi orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, macet adalah makanan sehari-hari. Macet pun memiliki korelasi langsung dengan membengkaknya bujet transportasi. Bila sebelumnya Anda menggunakan transportasi umum dengan biaya yang mudah diperkirakan, kali ini biaya yang Anda keluarkan bisa membengkak. Contohnya adalah ketika Anda terjebak macet selama berjam-jam. Perhitungan lain soal BBM adalah antisipasi kenaikan harga BBM di waktu yang akan datang. Jika BBM mengalami kenaikan, tentu bujet yang disiapkan akan bertambah.

Perawatan kendaraan

Setiap kendaraan pasti memerlukanĀ  perawatan berkala. Artinya akan ada bujet yang disisihkan khusus untuk itu. Apalagi jika kendaraan Anda memerlukan pergantian suku cadang. Agar biaya untuk perawatan kendaraan tidak membengkak dan mengganggu kondisi keuangan, lindungi kendaraan Anda dengan asuransi kendaraan. Produk keuangan ini tak jauh halnya dengan investasi pada kendaraan Anda. Sehingga, bila terjadi risiko pada kendaraan seperti kendaraan mengalami kerusakan, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Pajak dan administrasi

Terakhir, jangan lupakan biaya pajak kendaraan yang harus Anda bayar setiap 1 tahun dan 5 tahun sekali untuk ganti plat. Karena itu, biasakan untuki menyisihkan penghasilan bulanan untuk keperluan ini. Cara mudahnya, cari tahu berapa pajak yang wajib Anda bayar kemudian bagi sebanyak 12. Alhasil, Anda akan tahu berapa nominal yang wajib disimpan setiap bulannya untuk keperluan pajak kendaraan. (Baca juga: Keuangan Lebih Sehat Setelah Beli Rumah Pertama, Ini Caranya)

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Ototalk Section