1. HOME
    2. NEWS
INFO MUDIK 2016

Mudik Via Tol Jakarta-Brebes Langsung Bayar Sekali Rp165 Ribu

Sistem tersebut sudah dilakukan uji coba sejak Senin 13 Juni 2016.

By Rohimat Nurbaya 15 Juni 2016 17:25
Ilustrasi Gerbang Tol (Merdeka.com)

Money.id - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian Pekerjaan Umum (PU) melakukan uji coba integrasi sistem transaksi di Gerbang Tol Palimanan. Sistem tersebut dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2016. Uji coba dilakukan mulai Senin, 13 Juni 2016 lalu.

"Apabila ada yang kurang akan dilakukan evaluasi," ujar Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna seperti dikutip dari laman resmi Badan Pengaturan Jalan Tol.

Proses integrasi itu diharapkan mampu mengurai antrean kendaraan secara optimal. Dengan adanya sistem integrasi tersebut, para pengendara yang akan meneruskan perjalanan hanya perlu melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol tujuan.

Misalnya, para pengendara yang melewati Gerbang Tol Cikopo, Plumbon, Ciperna dan Mertapada tidak perlu membayar beberapa kali seperti yang sudah-sudah. Sekarang hanya satu kali saja.

Nantinya pemudik hanya akan mengambil kartu di Cikarang Utama. Kemudian membayar di Palimanan dan mengambil kartu, terakhir bayar di tempat keluar.  "Kalau mau keluar di Brebes Timur bayarnya di Brebes Timur," tutur Herry.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto menjelaskan secara teknis integrasi pembayaran tersebut. Guna mendukung kebijakan itu, pihaknya sudah menyelasraskan sistem dan alat.

Upaya lainnya untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di gardu exit tol Palimanan LMS juga menggandakan jumlah gardu tol. "Kami juga akan menyiapkan 23 gardu dari yang sebelumnya hanya 11 gardu," katanya.

Meski menggunakan sistem baru, tarif yang berlaku masih tetap seperti yang sekarang. Yakni, golongan I dari Jakarta - Palimanan Rp109.500. Dengan rincian Jakarta - Cikampek Rp13.500 dan Cikampek - Palimanan Rp 96.000.

Integrasi sistem transaksi akan dibagi menjadi dua cluster yaitu Cluster I meliputi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Jasa Marga), Jalan Tol Cipularang (Jasa Marga), Jalan Tol Padaleunyi (Jasa Marga) serta Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Lintas Marga Sedaya).

Sedangkan untuk integrasi Cluster II meliputi Jalan Tol Palimanan-Kanci (Jasa Marga), Jalan Tol Kanci-Pejagan (Semesta Marga Raya), dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (Pejagan Pemalang Toll Road).

Cluster II ini merupakan penggabungan sistem pembayaran Jalan Tol Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang yang saat ini sudah terbangun hingga Brebes Timur.  Saaat pemudik tiba di pintu tol Palimanan, selain membayar juga diberikan tiket untuk keluar di pintu tol Brebes Timur.

Di tol Brebes Timur, pemudik yang berasal dari Palimanan akan dikenakan tarif Rp55 ribu dengan rincian Palimanan-Kanci Rp11.500, Kanci-Pejagan Rp24 ribu, Pejagan-Brebes Timur Rp20 ribu. Sehingga pemudik yang melewati Cikarang Utama-Brebes Timur akan dikenakan biaya total Rp165 ribu.

Pembayaran tol ini bisa dilakukan dengan menggunakan e-toll dari 4 Bank untuk cluster 1 yaitu Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI. Sementara pada cluster 2 Tol Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Brebes Timur baru bisa menggunakan e-toll dari 3 Bank yaitu Mandiri, BNI, dan BRI.  "Cluster 2 segera menyusul BCA sementara masih 3 Mandiri, BRI, BCA," kata Hudaya.

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section