1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Catat! Ini yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Ada tiga hal yang harus diperhatikan saat mudik Lebaran.

By Rohimat Nurbaya 8 Juni 2016 16:56
Ilustrasi Mudik Lebaran (racing4.net)

Money.id - Melakukan perjalanan jarak jauh ketika mudik lebaran kerap jadi kegiatan yang melelahkan. Tetapi perjalanan akan menjadi lebih menarik jika dipersiapkan dengan matang. Apalagi jika tahun ini Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi mudik bersama keluarga.

Dikutip dari laman Toyota Astra, Ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan untuk melakukan mudik lebaran yang aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik Lebaran:

1. Memeriksa Kembali Kondisi Mobil

Mobil digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu berisiko mengalami berbagai masalah di tengah jalan. Untuk itu, ada baiknya jika memeriksa seluruh kondisi mobil dan pastikan jika semua dalam kondisi maksimal.

Ada baiknya jika membawa mobil ke bengkel agar melakukan servis untuk seluruh bagian mobil agar siap digunakan dalam perjalanan mudik nanti.
Bila ada bagian yang dirasa butuh penggantian, maka akan lebih baik jika segera melakukannya daripada mengalami kerusakan yang tidak diinginkan di tengah perjalanan.

2. Packing Rapi

Salah satu cara terbaik agar bisa membawa barang banyak namun tidak membuat sesak ruang kabin penumpang adalah dengan mengatur barang bawaan dengan rapi.

Lakukan pemilahan misalnya saja meletakkan oleh-oleh untuk keluarga di dalam satu tas. Sedangkan untuk barang kebutuhan lain saat perjalanan seperti baju, makanan dan lainnya diletakkan di paling atas agar mudah diambil jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

3. Tidak Ngebut

Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat berkendara di musim mudik ini adalah tidak ngebut dengan bis atau truk karena bisa membahayakan nyawa Anda dan penumpang lain. Terlebih lagi kondisi jalan yang sudah pasti akan lebih ramai daripada kondisi lalu lintas di waktu lain.

Kendaraan berukuran besar seperti truk dan bis bisa sangat membahayakan bila terlalu berdekatan dengan kendaraan Anda, jagalah jarak dan usahakan untuk selalu tenang saat berkendara.

Jika dirasa perlu, Anda bisa meminta saudara atau anggota keluarga lain sebagai supir cadangan jika Anda merasa lelah di tengah perjalanan nantinya.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section