1. HOME
  2. NEWS
INFO MUDIK 2016

Catat! Ini Jadwal Pendaftaran Mudik Gratis 2016

Mudik gratis ini diyakini bisa mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya dan kepadatan di sejumlah titik ketika arus mudik

By Rohimat Nurbaya 8 Juni 2016 17:58
Ilsutrasi Mudik (Merdeka.com)

Money.id - Mudik Lebaran jadi salah satu fenomena tahunan yang terjadi di Tanah Air. Orang-orang mencari nafkah di kota berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing untuk sekadar bersilaturahmi dengan sanak saudara di tempat kelahiran.

Karena mudik lebaran dilakukan secara serentak, tidak jarang membuat kepadatan yang berujung pada macetnya arus lalulintas di seluruh penjuru kota yang dilalui para pemudik. Hal tersebut sudah berpuluh-puluh tahun terjadi.

Mengatasi masalah tersebut, pemerintah dan beberapa perusahaan swasta menggalakan berbagai program mudik bersama. Hal tersebut untuk mengatasi kurangnya armada angkutan dan menekan banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor.

Mudik bareng juga diyakini bisa mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya. Pada tahun ini Kementrian Perhubungan menyediakan fasilitas mudik bersama ke beberapa daerah. Pendaftaran dimulai dari 13 Mei - 12 Juni 2016. Caranya dengan mengakses laman Mudik Gratis Dephub.

Armada yang digunakan untuk mudik gratis ada yang menggunakan kereta api, dan bus. Sedikitnya untuk sembilan kota yang kerap menjadi tujuan arus mudik, disediakan moda transportasi gratis. Selengkapnya di sini.

(Mudik Gratis Kementrian Perhubungan)

Tidak hanya  Kementrian Perhubungan saja yang menyediakan layanan mudik gratis. Tetapi beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga menyediakan layanan tersebut antara lain. Jasa Raharja menyediakan mudik gratis untuk pengguna sepeda motor. 

Para pengguna sepeda motor disarankan lebih baik menggunakan bus dan kereta api. Adapun mudik gratis dari Jasa Raharja ini pendaftarannya sudah ditutup yakni 18-30 April 2016 dan 3-25 Mei 2016.

Selain itu beberapa pemerintah daerah juga menyediakan mudik gratis untuk warganya yang ingin pulang kampung. Jawa Barat menyediakan sebanyak 80 bus untuk mudik gratis.  

Kemudian Jawa Timur, menyediakan fasilitas mudik gratis untuk warganya dengan menggunakan Kereta Api Rapih Dhono, Kereta Api Penataran, Kereta Api KRD Kertosono dan Kereta Api Probowangi. Untuk mudik gratis ini pendaftarannya dimulai sejak April 2016 lalu.

Selain itu, pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyediakan fasilitas mudik gratis bagi warganya yang ingin pulang kampung. Daerah yang dipimpin Gubernur Gandjar Pranowo ini menyediakan bus dan kereta api untuk mudik. Pendaftaran dibuka hingga 8 Juli 2016.

Selain itu beberapa perusahaan swasta juga menyediakan fasilitas mudik gratis. Antara lain Transmart Carrefour. Pendaftaran mulai dari 25 Mei - 26 Juni 2016. Armada yang disediakan adalah Toyota Alphard, Kijang Innova dan pesawat.

Indomaret meyediakan fasilitas mudik gratis menggunakan bus, kereta api, kapal laut dan pesawat pendaftaran dibuka sejak 15 Mei 2016 hingga 15 Juni 2016. Sementara itu Telkomsel membuka layanan mudik gratis menggunakan pesawat dan bus pada 2 Juli 2016. Lalu, kapal lau pada 27 Juni 2016 hingga 2 Juli 2016.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section