1. HOME
  2. NEWS
GUNUNG MELETUS

Penutupan Bandara Ngurah Rai Diperpanjang Sampai Besok

Selain Bandara Ngurah Rai, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang Lombok dan Bandara Blimbing Banyuwangi juga ditutup.

By Dwifantya Aquina 5 November 2015 10:24
Bandara Ngurah Rai Bali (panoramio.com)

Money.id - Kementerian Perhubungan memperpanjang penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai hingga Jumat 6 November 2015. Berdasarkan Notam baru yang dikeluarkan Kemenhub pagi ini, Kamis 5 November 2015, dengan nomor A2479/15;B2685/15;C3472/15 dan C3473/15, beberapa bandara yang terdampak abu vulkanik juga ikut diperpanjang penutupannya.

"Isi dari Notam itu intinya menyatakan, Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang Lombok dan Bandara Blimbing Banyuwangi penutupannya diperpanjang sampai besok," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan JA Barata di Jakarta.

Perpanjangan penutupan tersebut berjangka waktu sampai besok pagi, 07.45 WIB, sebelum ada pengumuman selanjutnya. Sebab, aktivitas vulkanik Gunung Rinjani masih aktif dan terus mengeluarkan abu vulkanik.

Sejak ditutup dua hari lalu, total 692 penerbangan telah dibatalkan. Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Yusfandri Gona menyebut, penerbangan yang dibatalkan selama tiga hari adalah 189 keberangkatan domestik, 183 kedatangan domestik, 163 keberangkatan internasional, dan 157 kedatangan internasional.

Penumpukan calon penumpang juga sudah terjadi sejak dua hari lalu di bandara. Setidaknya 6.000 calon penumpang terlantar di terminal keberangkatan.

"Calon penumpang untuk rute internasional mencapai 4.000 penumpang, sementara sisanya adalah calon penumpang domestik," kata Co General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita.

Erupsi anak Gunung Rinjani, Gunung Barujari di Nusa Tenggara Barat mencapai ketinggian 12 ribu kaki menuju arah barat. Hal ini, kata Yusfandri menyebabkan wilayah Bali, Banyuwangi, dan Nusa Tenggara Barat tertutup debu vulkanik.

news

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section