1. HOME
  2. NEWS
KECELAKAAN PESAWAT

KNKT Rekomendasikan Air Asia Lakukan 51 Perbaikan

Selain itu KNKT juga meminta kepada pihak Air Bus selaku pabrikan, supaya....

By Rohimat Nurbaya 2 Desember 2015 05:45
Konferensi pers hasil investigasi KNKT terhadap kecelakaan Air Asia/Imam Buhori-Merdeka.com

Money.id - Komite Nasional Kecelakaan Trasportasi (KNKT) merekomendasikan pihak Air Asia untuk melakukan 51 perbaikan. Rekomendasi itu diberikan supaya kecelakan seperti yang terjadi pada QZ8501 tidak terjadi kembali.

"Menindaklanjuti kejadian ini Air Asia telah melakukan 51 tindakan," kata Investiator KNKT, Nurcahyo Utomo di kantornya, Jalan Medan Merdeka Timur, Selasa 1 Desember 2015.

Dia memastikan perbaikan itu meliputi 22 bidang operasional, yakni meliputi pelatihan personel. Kemudian 11 bidang perawatan pesawat dan 18 bidang terkait kemapuan meteorologi.

Selain itu KNKT juga meminta kepada pihak Air Bus selaku pabrikan, supaya melakukan pelatihan kepada para pilot yang menerbangkan pesawat Air Bus.

"Kami meminta kepada Air Bu supaya para pilot dilatih mengenai teknologi dan mengatasi keadaan pada saat kritis," ucapnya.

Kemudian KNKT meminta Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan membuat ketentuan-ketentuan tugas pilot, termasuk mengisi catatan daftar kondisi pesawat usai melakukan penerbangan. 

"Kami merekomendasikan sistem tersebut supaya kejadian serupa tidak terulang lagi," ucap dia. Cegah Kecelakaan Terulang, KNKT Rekomendasikan Air Asia Lakukan 51 Perbaikan. (poy)

(da/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section