1. HOME
  2. NEWS
JALAN TOL

Faktor Penyebab Banyaknya Kecelakaan di Tol Cipali

Menurut Korlantas Polri kecelakaan banyak disebabkan faktor manusia.

By Dwifantya Aquina 3 Desember 2015 14:07
Gerbang Tol Cikopo (Setkab.go.id)

Money.id - Rentetan kecelakaan terjadi di beberapa ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Berdasarkan data Korlantas Polri, sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Juni 2015 hingga 7 Juli 2015, jumlah kecelakaan yang terjadi mencapai lebih dari 55 kejadian.

Dari jumlah itu, korban yang meninggal dunia 12 orang, luka berat 11 orang, dan luka ringan 52 orang. Kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp818 juta.

Sebetulnya Cipali sudah melalui kajian keselamatan dari pengelola dan pemangku kepentingan. Namun, dilihat dari kasus kecelakaan yang terjadi, menurut Korlantas Polri kecelakaan banyak disebabkan faktor manusia.

Jika dilihat dari lokasi, menurut data kepolisian, pengguna jalan kebanyakan out of control atau lepas kontrol, sehingga beberapa kasus yang terjadi mengakibatkan kecelakaan tunggal. Hal itu menyebabkan kecelakaan tabrak belakang, keluar jalur dan sebagainya.

Selain lepas kontrol, pengemudi di ruas tol ini cenderung melanggar batas kecepatan. Belum lagi ada faktor hewan yang masih sering lewat di ruas tol ini.

Data Korlantas menyebut, mayoritas kecelakaan atau 60 persen diantaranya terjadi di jalur B (Cirebon-Jakarta). Salah satu penyebabnya karena belum ada rest area yang berfungsi sempurna.

Seperti diketahui, pagi ini, Kamis 3 Desember 2015, ruas Tol Cipali kembali menelan korban jiwa. Kecelakaan maut tersebut terjadi di KM 137 Jakarta arah Cirebon, Jawa Barat.

Dalam kecelakaan tersebut, sedikitnya korban tewas sebanyak 11 orang dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Moechgiarto menyatakan bahwa kecelakaan terjadi diduga kuat karena human error. "Sopir mengendarai minibus Isuzu Elf warna hitam dengan kencang dan menabrak kendaraan yang sedang berhenti,” jelasnya.

Mobil bernomor polisi B 8378 OU tersebut terlihat ringsek dan sebagian besar badan mobil hancur dari sisi kiri depan hingga belakang berdasarkan foto yang dimiliki anggota polisi di lokasi kejadian. Polisi menduga mobil ini menabrak kendaraan lain dari belakang, namun hingga saat ini kendaraan lainnya belum teridentifikasi.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section