1. HOME
  2. NEWS
UNIK

Kurangi Kecelakaan, Jalan di China Dibuat Warna Warni

Kontraktor mengklaim dengan cat, permukaan jalan jadi anti slip, sehingga ketika turun hujan jalan berliku tersebut lebih aman bagi pengendara.

By Rohimat Nurbaya 3 Desember 2015 13:31
Jalan warna warni di kota Chongqing, China (Carnewschina)

Money.id - Pemerintah kota Chongqing, China mengecat permukaan jalan dengan perpaduan tiga warna, yakni merah, hitam dan hijau.

Dikutip dari Carnewschina, jalan yang dicat berwarna-warni tersebut merupakan bagian dari flyover tinggi dan berliku di wilayah pegunungan distrik Nan'an.

Alasan utama jalan itu dibuat warna-warni supaya memikat wisatawan datang ke sana. Kemudian tujuan lainnya untuk menghemat biaya pemeliharaan.

Jalan warna warni di kota Chongqing, China (Carnewschina)

Kontraktor pembangunan jalan tersebut mengklaim, cat yang digunakan di permukaan aspal jalan tersebut lebih tahan 'aus'. Biaya pemeliharaan dianggap lebih murah.

Tidak hanya itu, kontraktor juga mengklaim dengan cat, permukaan jalan jadi anti slip, sehingga ketika turun hujan jalan berliku tersebut lebih aman bagi pengendara.

Jalan warna warni di kota Chongqing, China (Carnewschina)

Selain itu dengan beragam warna yang ada di permukaan jalan, maka pengemudi akan lebih fokus melihat jalanan, sehingga bisa meminimalisir kecelakaan.

Karena kontur jalan berliku dan sangat sulit dikerjakan, nilai investasi proyek tersebut sangat besar, yaitu US$190 juta atau sekitar Rp2,6 triliun. (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section