1. HOME
  2. NEWS
MOBIL MURAH

Dolar Menguat, Rupiah Melorot, Apa Pengaruhnya Terhadap Harga Mobil

Bagaimana perusahaan bersiasat

By Ismoko 10 September 2018 19:24

Money.id - Money.id -- Mata uang Amerika Serikat terus menguat terhadap rupiah. Tentu saja melemahnya rupiah itu, akan berdampak terhadap harga barang-barang impor. Akan semakin mahal, oleh karena lonjakan nilai dolar dihadapan mata uang rupiah. 

Salah satu produk yang diduga terdongkrak harganya adalah mobil.  Industri otomotif pun turut mewaspadai apresiasi dolar AS. Salah satu produsen yang telah menyiapkan antisispasi dampak jangka panjang akibat situasi ini adalah Toyota.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Edward Otto Kanter, mengatakan, penguatan dolar terhadap rupiah untuk jangka pendek belum bisa dirasakan secara langsung.

Tapi, untuk jangka menengah dan panjang, Edward mengatakan pihaknya memikirkan keseluruhan secara detail. “ Paling berpengaruh? Ya, 15 persen itu tadi (bahan baku impor),” kata Edward, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 7 September 2018.

Lantaran pelemahan rupiah itu Toyota akan mencoba melakukan efisiensi  pada sisi  produksi. Karena memang secara umum kenaikan nilai dolar akan sangat berpengaruh terhadap biaya dari sisi produksi itu.

 

(i)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section