1. HOME
  2. NEWS

Ayo Siap-siap Daftar Jadi PNS. Berapa Gajinya?

Pemerintah segera buka lowongan untuk menjadi PNS. Berapa gajinya?

By Ismoko 7 September 2018 16:50

Money.id - Money.id-- Ini berita gembira untuk para pencari kerja. Atau untuk kita yang sudah bekerja tapi ingin sekali menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jangan menunggu lama-lama, baca berita di bawah ini baik-baik dengan penuh teliti.

Tidak lama lagi pemerintah segera  membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018.  Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah melansir bahwa pendaftaran akan dibuka pada 19 September 2018. Catat baik-baik tanggalnya itu agar tidak terlewatkan.

Berapa jumlah tenaga kerja baru yang dibutuhkan pemerintah? Ratusan ribu. Mereka diharapkan mengisi 238.015 kursi CPNS untuk pemerintah pusat dan daerah. Lumayan banyak kan. 

Jumlah sebanyak itu dengan rincian sebagai berikut;  51.271 formasi untuk 76 kementerian/lembaga di pemerintah pusat dan 186.744 untuk 525 instansi daerah. Anda tinggal pilih saja. Mau daftar untuk daerah yang mana.

Lazimnya memang orang menjadi PNS karena masalah gaji atau karena ingin kepastian akan pensiunan.  Berapa gaji yang diterima oleh CPNS ini?

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, mengatakan nominal gaji CPNS 2018 diperkirakan masih sama seperti CPNS tahun sebelumnya.

“ Kalau orang per orang mungkin sama. Katakanlah, S1 golongan 3A, sekarang gaji pokoknya Rp 2,4 juta. 80 persen dari itu Rp1,9 sampai Rp2 juta,” kata Ridwan di Jakarta, ditulis Jumat 7 September 2018.

Dia mengatakan CPNS tak hanya mendapatkan gaji pokok, tetapi juga tunjangan kinerja untuk calon abdi negara.

“ Paling tidak sekitar Rp4 juta—Rp5 juta untuk di pusat. Belum lagi di daerah. Itu yang harus dihitung. Berapa hitungan pastinya. Itu ada di Kemeterian Keuangan dan Kementerian PANRB,” kata dia.

Cara Daftar Jadi PNS, Klik saja 

 

(i)

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section