1. HOME
  2. NEWS

Anda Pemula dan Mau Berbisnis? Coba Baca Pengalaman si Pengusaha Ini

Hasil tidak pernah mengkhianati proses.

By Ismoko 7 September 2018 17:34

Money.id - Money.id -- Menjadi pengusaha itu tentu saja tidak mudah. Tidak segampang dan seindah kita melihat hasilnya. Melihat para pengusaha kaya raya yang kini berdiam di rumah mewah. Terbang dengan jet pribadi super sentosa. Atau wangi jas mereka dan balutan kaus kaki super mahal di lapangan golf. 

Ada keringat, terutama mungkin pada rintisan awal, dan juga seribu kecewa dan rasa malu sepanjang perjalananan bisnis mereka. Sukses, seringkali adalah sejenis himpunan dari segala jenis rasa dan pengamalan pahit, tertawa dan juga tangisan. 

Banyak dari mereka yang tak pelit berbagi kisah. Membagi kisah pahit, ketawa dan getir sepanjang karir mereka. Tentu selain agar para pemula paham lika-liku bisnis, tapi juga paham segala jenis kesulitan yang menghadang, dan memberi sejumlah saran atau tips bagaimana menghadapi. 

Jika Anda sudah matang memilih menjadi pengusaha, mungkin ada baiknya Anda mendengar pendiri Olympic Grop, Au Bintoro, usaha yang dirintis dengan susah payah dan kini menuai sukses.  Au Bintoro berbagai kiat bisnis untuk Anda.,

Sebagaimana kami lansir dari Merdeka.com, Jumat 7 September 2018, Bintoro meminta pengusaha furnitur untuk fokus. Fokus terhadap jenis usaha ini, jangan lekas putus asa, karena bisa jadi gagal hanya karena kita belum menemukan cara dan pasar yang baik. 

Dia menegaskan bahwa, “ Bisnis itu harus fokus. Kalau mau bikin sofa, ya, sofa. Lemari, ya, lemari. Jangan melenceng,” kata dia di Jakarta. Dengan cara fokus itulah, kita akan merasakan setiap nasaf bisnis ini.

Dia memberi contoh dari bisnis yang dijalaninya sendiri. Tahun lalu fokus pada meja belajar.  Mengapa fokus itu begitu penting? Karena,  “ Kalau fokus di situ, inovasinya lebih gampang,” kata Bintoro.

Selain harus fokus, bisnis juga memerlukan kemauan untuk bekerja lebih keras dan tidak gampang menyerah. Bintoro menegaskan bahwa pengusaha juga harus punya mimpi dan perencanaan bisnis yang matang.

“ Kalau komponen ini dilakukan, akan menjadi kenyataan. Paling tidak punya mimpi dulu mau punya perusahaan apa sebesar apa. Terus, perencanaan yang komprehensif, lalu dilakukan dengan kerja keras,” kata dia.

Bintoro menuturkan bahwa pebisnis juga memerlukan pendamping. Keberadaan pihak ini penting karena bisa memberikan masukan dan solusi bisnis ke depan agar bisa mengembangkan bisnis.

Orang seringkali lupa bahwa sebagai pengusaha kecil dan pemula, sesungguhnya kita memerlukan gutu atau mentor yang tidak saja menuntun arah, tetap juga bisa memberi kita semangat jika terantuk dan jatuh.

(i)

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section