1. HOME
  2. NEWS
RUPIAH

Tak Cuma Rupiah, Ini Mata Uang Dunia yang Dihantam Dollar AS

Rupiah termasuk salah satu mata uang dunia yang terpukul parah di kawasan regional.

By Ismoko 5 September 2018 18:32

Money.id - Dream – Dolar AS menunjukan keperkasaan terhadap mata uang dunia. Mata uang Negeri Paman Sam itu membuat rupiah terjungkal nyaris di level Rp15.000.

Dilansir dari Bloomberg, kurs  dolar AS menembus level Rp14.935 atau naik 120 poin (0,81%) pda perdagangan Rabu 5 September 2018, pukul 18.24 WIB. Dollar AS dibuka di level Rp14.822 dan sempat bertengger di posisi puncak Rp14.938 per dolar AS.

Sepanjang awal tahun, dolar AS tercatat telah menguat 10,18 persen terhadap rupiah.

Rupiah termasuk salah satu mata uang dunia yang terpukul parah di kawasan regional. Analis menyebut kekacauan ini disebabkan oleh faktor eksternal, seperti anjloknya lira Turki.

“ Kepemilikan asing yang tinggi pada obligasi ditambah dengan utang dolar AS perusahaan Indonesia yang meningkat juga membuat (rupiah) cenderung lebih lemah,” ujar Kepala Ekonomi dan Strategi di Mizuho Bank, Vishnu Varathan, dilansir dari CNBC.

 

 Laju rupiah pada Selasa 4 September 2018 pukul 18.42

 

Porsi utang pemerintah dalam dolar AS mencapai 41 persen. Jika rupiah semakin tergerus, utang akan lebih mahal untuk dibayar kembali.

“ Kalau kenaikan utang di negara berkembang meningkat dan harga minyak naik menjelang sanksi Iran, risiko tembus Rp15 ribu jelas di depan mata,” kata Vishnu.

Ternyata, rupiah tidak sendirian melemah terhadap dolar AS. Ada juga negara-negara yang mata uangnya juga merosot. Bahkan, mata uang negara maju sekalipun juga terkapar. (ism, Sumber: Dream/Arie Dwi Budiawati)

(i/i)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section