1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Inikah Jalan Terpanjang di Dunia ?

Jalan terpanjang di dunia ini mampu melewati 14 negara di benua Amerika.

By Azalia Amadea 4 Desember 2016 12:02
Ilustrasi jalan panjang (pixabay.com)

Money.id - Tahukah Anda bahwa jalan raya terpanjang di dunia ada di Benua Amerika? Jalan tersebut bernama Pan-American Highway. Jalan raya ini membentang dari Prudhoe Bay di Alaska hingga Ushuaia di Argentina. Jalan raya tersebut total panjangnya mencapai 48.000 kilometer.

Menurut Guinness World Records, Pan-American Highway adalah jalan raya yang bisa dilalui kendaraan. Namun tidak semua bagian jalan tersebut dengan mudah dilalui kendaraan karena ada rute sepanjang 160 km yang mengganggu di Darién Gap yang terletak di antara Amerika Tengah dan Selatan.

Melansir laman brilliantmaps.com, Sabtu 3 Desember 2016, jalan raya tersebut terdiri jalan resmi dan tidak resmi. Bagian yang resmi, yang disebut dalam bahasa Spanyol sebagai Autopista atau Panamericana, membentang dari Nuevo Laredo di perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat hingga ke Buenos Aires, ibu kota Argentina. Namun, seperti yang ditunjukan pada peta ada bagian yang tak resmi yang membentang di sisi utara dan selatan Benua Amerika.

Saking panjangnya rute Pan-American Highway mampu melewati 14 negara di Benua Amerika, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolumbia, Ekuador, Peru, Chili, dan Argentina.

Jalan ini juga memiliki cabang ke sejumlah negara lainnya. Dalam prosesnya, jalan ini melewati semua zona iklim utama dan banyak lanskap bervariasi termasuk tundra Arktik, hutan boreal, pegunungan, padang rumput, padang pasir gersang dan hutan tropis.

Salah satu rute jalan yang paling menantang dari Pan-American Highway ini terletak di Kosta Rika, di mana jalan tersebut menanjak ke ketinggian 3.335 meter di pegunungan bernama Summit of Death (Cerro de la Muerte). Summit of Death merupakan elevasi tertinggi dari Pan-American Highway di wilayah Amerika Tengah.

Rekor perjalanan tercepat dengan mobil dari Ushuaia ke Prudhoe Bay diberikan kepada Tim Cahill dan Garry Sowerby dalam waktu yang menakjubkan yakni 23 hari, 20 jam dan 43 menit.

Tidak hanya motor dan mobil, pelintas jalan raya terpanjang di dunia itu juga ada yang berjalan kaki. Salah satunya adalah George Meegan, yang berjalan kaki melintasi Pan-American Highway pada tahun 1981. Dia memulainya dari Tierra del Fuego dan berakhir di Alaska dengan waktu tempuh 2.425 hari. (dwq)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section