1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Prihatin, Masjid di Kutub Utara Ini Kian Sepi

Dahulu sekitar 500-600 jemaah biasanya hadir untuk melaksanakan shalat Jumat.

By Azalia Amadea 19 November 2016 11:47
Masjid nurd kamal (beautifulmosque.com)

Money.id - Di Kota Norilsk terdapat sebuah masjid. Masjid bernama Nurd Kamal itu bisa dibilang satu-satunya masjid di Arktik yang masuk wilayah Rusia.

Melansir laman rehmat1.com, Sabtu 19 November 2016, penjaga masjid, Mukum Sidikov mengatakan masjid di Kota Norilsk mampu menampung 50.000 jemaah. Jumlah tersebut hanya seperempat dari populasi penduduk yang mencapai 210.000 jiwa.

Sebagian besar mereka imigran dari Azerbaijan dan Dagestan. Mereka bekerja sebagai pedagang atau pekerja bangunan. Namun karena tingkat upah yang tidak lagi sebanding dengan kota-kota Rusia lainnya dan adanya pembatasan terhadap akses publik bagi orang asing maka penduduk muslim tidak lagi berdatangan ke Kota Norilsk.

"Populasi Muslim semakin kecil. Orang-orang banyak yang pergi," ujar Sidikov.

Masjid Nurd Kamal berdiri di pinggiran Kota Norilsk yang modern, di mana suhu terendah bisa mencapai 50 derajat Celcius di bawah nol. Ada lebih dari 20 juta muslim di Rusia, sekitar 14 persen dari 140 juta penduduk negara itu.

"Ada banyak muslim, tetapi hanya beberapa yang datang ke masjid. Mereka bekerja sepanjang hari dan di malam hari mereka lelah," kata Sidikov.

Masjid Nurd Kamal dibuka pada 1998. Masjid tersebut dibangun oleh Mukhtad Bekmeyev se-seorang dengan keturunan etnis Tatar dan warga asli Norilsk yang sekarang tinggal di Kota Sochi, sekitar Laut Hitam. Dia membangun masjid tersebut dari nama orang tuanya dan kabarnya akan membiayai restorasi masjid tahun ini.

Sidikov juga mengatakan dahulu sekitar 500-600 jemaah biasanya hadir untuk melaksanakan shalat Jumat. Namun sekarang tidak ada sama sekali. "Muslim harus datang ke masjid setidaknya sekali seminggu. Tapi kami tidak melihat itu di sini," kata Sidikov. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section